Hardiknas Perlu Perubahan Tingkah Laku

Sudut pandang pendidikan, di dalam pemilihan umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakekatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan dalam berdemokrasi, disampaikan asisten I Izwar Asfawi dalam sambutan Kemendikbud pada upacara memperingati hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2019 di Halaman Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai-Ranai, Kamis (2/5/2019).

Bertindak sebagai pemimpin upacara Bupati Natuna diwakili Asisten Pembangunan, Izwar Asfawi.
Dalam sambutan Kemendikbud yang disampaikannya Izwar Asfawi mengatakan, bahwa bangsa Indonesia baru saja melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada tanggal 17 April 2019 yang lalu.

Dikatakannya, dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam pemilihan umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakekatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan dalam berdemokrasi.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 13 menyebutkan, “Tujuan Pendidikan Nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab”.

“Sebagaimana telah disampaikan Presiden, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Disini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya, terkait dengan itulah tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan,” ujarnya.

Tema ini, lanjut Izwar Asfawi, mencerminkan pesan Ki Hajar Dewantara, terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas seiring dengan pembangunan teknologi yang semakin berkembang.

Baca juga pidato hardiknas 9
https://ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/…/Pidato-HARDIKNAS-2019-1

Nah, Bagi Pemkab Meranti kata Izwar yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Natuna, Suherman, SH mengatakan, melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, mengajak untuk menkonsentrasikan segenap potensi Pendidikan Nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan yang semakin kompetitif.
Dikatakannya pula, Momentum Hardiknas ini bagi Pemkab Natuna dijadikan sebagai upaya menguatkan Pendidikan dan memajukan kebudayaan.

Sempena peringatan hardiknas 2019, Izwar Asfawi, menyerahkan bonus atlet Porprov IV Kepri tahun 2018 kepada 3 orang peraih medali yakni, peraih medali emas dengan nilai Rp3.800.000, peraih medali perak Rp2.200.000, dan peraih medali perunggu dengan nilai Rp1.500.000.***

Sharing

4 thoughts on “Hardiknas Perlu Perubahan Tingkah Laku

  1. I blog frequently and I truly thank you for your content.
    The article has really peaked my interest. I’m going to take a
    note of your site and keep checking for new details about once a week.
    I subscribed to your Feed as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published.