Perang Meriam Bambu Promosi Geosite Pantai Batu Kasah Geopark Nasional Natuna

Natuna, (Kepripos.co.id)-

Geosite Pantai Batu Kasah Geopark Nasional Natuna berlokasi di Desa Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan Kabupaten Natuna menjadi perhatian media cetak dan elektronik. Perhatian ini tidak terlepas dari perhatian dari iNews TV dalam program Geopark Indonesia.

Kami hadir di Natuna untuk mengambil gambar geopark Natuna untuk ditayangkan di iNews TV dalam sebuah program geopark Indonesia yang ditayangkan setiap hari minggu jam 15.30, untuk geopark Natuna akan ditayangkan sehabis lebaran, terang Faisal dari i News TV kepada kepripos.co.id di Pantai Batu Kasah, 24/05/2019 sore.

Pantai Batu Kasah yang dihiasi oleh dua tanjung granit berukuran besar menjorok kelaut dan menjulang tinggi menjadikan objek wisata ini berlebel geosite geopark Nasional Natuna. Bukan hanya itu, kebiasan anak anak memaikan meriam bambu tidak luput dari bidikan kameran iNews. permainan ini memang selalu dimainkan oleh anak anak setelah sholat taraweh dimalam bulan romadlon terutama menjelang hari raya Aidul Fitri. Mereka secara gotong royong mencari bambu secara gotong royong, penuh persahabatan, walau bunyi meriamnya ada yang keras, ada juga suranya rendah, namun semangat dan persahabatan tetap terjaga.

Budaya merupakan unsur penting sebagai prasyarat untuk ditetap sebagai kawasan geopark, memang tidak tercecerkan di Desa Cemaga Tengah ini, tentu masih banyak budaya lain yang perlu diangkat, seperti tari zapin dan pencak silat.

Untuk unsur lain untuk masuk ditetapkan sebagai Geopark yaitu keaneka ragaman hanyati. Untuk pemenuhan unsur hayati pihak pengelola secara bertahap akan menamani dengan aneka kembang, sekarang dalam proses pembibitan.

Pihak pengelola akan menanami aneka kembang di celah celah batu batu granit di sisi darat pantai dan juga tanaman lainnya, guna perpaduan unsur geologi dan hayati. Tentu kawasan ini nantinya akan menjadi taman bunga dan aneka tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai edukasi bagi siswa dalam mengaplikasikan pelajaran IPA di sekolah.

Kegiatan permainan meriam bambu tidak terlepas dari perhatian Kades Cemaga Tengah Zaidan dan Babinsa Sertu Manik, serta pihak pengelola (BUMDes Indah Jaya_ red) Cemaga Tengah untuk pengabadian diakhiri dengan photo bersama.*** (red02).

Sharing