Menghadapi Sumber Daya Terbatas Pendamping perlu Maksimal

Natuna– (Kepripos.co.id)-

Majunya Desa berarti maju juga Kabupaten dan Provinsi, karna desa merupakan pondasi dalam segala hal, tentu peran tenaga pendamping desa dan Tim Inovasi Desa sangat penting dalam menghadapi sumberdaya manusia yang terbatas, hal ini disampaikan oleh Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Anrizal Zen pada rakor P3MD di Objek Wisata Pantai Batu Kasah, 17/06/2019 pagi.

Anrizal Zen berharap kepada 70 pendaping Desa se Kabupaten Natuna untuk serius mendamping desanya, seiring dengan seiring dengan seriusnya Gubernur Kepri yang langsung turun Ke Desa untuk meninjau desanya.

Kemajuan desa merupakan pondasi dari kemajuan sebuah Kabuten dan provinsi, untuk itu peran pendamping Desa perlu maksimal, karna akan menghadapi sumber daya manusia yang terbatas. Pendamping desa perlu kesabaran dalam menjalankan tugasnya.

Begitu juga BUMDes diharapkan kedepannya bisa mandiri yang telepas dari bantuan modal dari pihak manapun. Potensi laut dan wisata Natuna perlu menjadi perhatian dari BUMDes dalam menjalankan usahanya, karna kedua sektor ini akan mempu mengangkat ekonomi masyarakat apabila dikelola dengan baik oleh SDM yang mumpuni pula, tutup Rizal.

4

Rakor yang dimoderatori oleh Tenaga Ahli Wahyudi dengan narasumber antara lain Kabag Perencanaan, Kasi Bina Usaha Ekonomi Masyarakat, Kasi Bina Usaha Ekonomi Masyarakat Iwal Kusnady dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sementara dari Kabupaten Natuna menghadirkan Tenaga Ahli P3MD diantaranya Saripudin, Adi Candra, Guntur Hindarto, Agussalim Sinaga dan Jantri Wadi Ritonga.

Rakor yang mengarahkan peran aktif tenaga pendamping desa dan tim inovasi desa guna muwujudkan desa tertib, mulai dari perancanaan hingga terlaksananya kegitan dalam rangka menuju desa mandiri.** red

Sharing