Sosialisasi dan Bimtek DLH Natuna

Natuna, (Kepripos.co.id)-

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna, menggelar Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai – Ranai, selama 4 (empat) hari yaitu pada tanggal 18 hingga 21 Juni 2019, dimana pada hari pertama diadakan sosialisasi, kemudian dilanjutkan dengan Bimtek.

“Hal tersebut mengacu pada amanat UU No 32 tahun 2009, tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Hasilnya akan disejalankan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Wan Asfaruddin, didampingi Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Endo Brondo, ketika dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Kamis, (20/6/2019).

“Sekitar 20 OPD kita libatkan dalam Bimtek tersebut. Karena OPD tersebut berkaitan dengan lingkungan hidup, maka pesertanya dari Dinas Teknis dan BMKG,” tambah Wan Asfaruddin.

Para peserta, lanjutnya, diajari bagaimana tata cara membuat peta lingkungan, kadar air, kelembaban udara, curah hujan dan lainnya, makanya dari pihak BMKG juga kita undang. Dari hasil giat ini akan kita buat buku panduan yang mengacu kepada RTRW.

“Setelah selesai, akan kita serahkan kepada Bupati, guna dibuat keputusan Bupati. Sebab jika diperdakan akan memakan waktu lama,” pungkasnya.

Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Endo Brondo, menambahkan, kegiatan ini mendatangkan 6 (enam) narasumber dengan masing-masing keahlian yang berbeda.

“Lima narasumber tersebut didatangkan dari Kementerian Lingkungan Hidup, dan 1 (satu) dari Universitas Muhammadiyah Pekan Baru,” tambah Endo. **red

Sharing