Lomba Bercerita Tumbuhkan Budaya Lokal

Natuna,(Kepripos.co.id)-

Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj Ngesti Yuni Suprapti, MA membuka secara resmi acara lomba bercerita tingkat SD/MI Se-Kabupaten Natuna yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Natuna, bertempat di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Natuna, Jalan Sihotang Kelurahan Ranai Kecamatan Bunguran Timur, Rabu, (19/6/2019).

Kegiatan ini mengambil Tema, menumbuhkembangkan kegemaran membaca, kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter kecerdasan dan inovasi generasi muda Indonesia.

Wabup Ngesti dalam sambutannya mengatakan, budaya membaca harus dimulai dari usia dini, meski tidak dipaksa, namun harus dibiasakan, karena dengan membaca banyak ilmu yang didapat.

“Dengan adanya lomba ini, diharapkan dapat menambah semangat minat membaca guna menumbuhkembangkan bakat anak dalam bercerita, sekaligus membentuk karakter anak ke arah yang lebih baik,” ujar Ngesti.

“Pemerintah daerah selalu mendukung kegiatan ini. Namun, semua itu tidak akan bisa berjalan lancar jika para pendidik, orang tua, serta elemen masyarakat tidak turut membantu,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Basri, mengatakan, tujuan kegiatan lomba bercerita tingakat SD/MI Se-Kabupaten Natuna, yaitu untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca, untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan, serta menumbuhkan kecintaan akan budaya daerah lokal, sejarah dan pahlawan.

“Adapun giat tersebut diikuti oleh 7 Kecamatan dari 15 yang di undang. Hal itu dikarenakan kurangnya kesiapan dari 8 Kecamatan lainnya, sehingga tidak dapat hadir,” terang Basri.

Basri menjelaskannya, semua sekolah sudah di undang melalui UPTD maupun Kecamatan masing- masing. Bahkan pihaknya juga telah melakukan sosialisasi. Mungkin karena jarak dan waktu tidak memungkinkan, sehingga beberapa Kecamatan tidak bisa hadir.

Adapun 7 Kecamatan yang hadir yakni Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran Tengah, Bunguran Barat, Midai, Serasan Timur, dan Bunguran Batubi,” jelasnya.

Sebelum acara lomba dimulai, terlebih dulu disuguhi penampilan peserta pemenang lomba bercerita tingkat Kabupaten, hingga Provinsi dan penampilan pemenang lomba Hikayat Dewa Mendu yang dibawakan Yoga Pebriyanto membawa harum nama Natuna mewakili Kepulauan Riau tingkat Nasianol tahun 2017 yang lalu.

Ada tiga unsur bernaung untuk meningkatkan minat baca pada anak, yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan Daerah serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Gemar membaca, maka anak akan lebih memahami dan rasa kagum akan budaya bangsa, tutup Basri.

Acara akan dilaksanakan selama 3 hari. Judul telah ditentukan Panitia yaitu “Cerita Rakyat”, dan pemenangnya akan dikirim ke Provinsi Kepri untuk mengikuti lomba selanjutnya. Berkaca dari situ, diharapkan Natuna punya regenerasi dan bisa kembali mewakili Kepri di tingkat Nasional, sebab acara ini diselenggarakan setiap tahun.

Turut hadir dalam acara ini, Asisten I Tasrip, Asisten III Izwar Asfawi, Kadis Ketahanan Pangan Sri Hariningsih, Kadisnakertrans Husyaini, Sekretaris DLH, Faisal.*** Red.

Sharing