MUI Laksanakan Sosialisasi Sadar Halal

Natuna, (Kepripos.co.id)-

Sila yang pertama dari pancasila merupakan landasan utama yang harus di tegakkan untuk melaksanakan kegiatan yang berbasis keagamaan, karena di dalam sila pertama tersebut mengandung arti yang begitu besar bagi kemajuan umat islam di Indonesia, khususnya di Natuna perlu sadar halal disampaikan oleh Sekretaris Daerah Natuna Wan. Siswandi, S. Sos. M. Si. dalam kegiatan sosialisasi halal yang ditajak oleh Majelis Ulama Indonesia(MUI) Kabupaten Natuna, di gedung aula STAI Natuna lantai 4, 02/11/2019, pagi.

Lanjut Siswandi, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan karena mempunyai efek yang begitu besar manfaatnya umum nya untuk pihak Kabupaten Natuna dan khususnya untuk para pengusaha yang ada di Natuna, kegiatan ini hanya pondasi awal saja dan selanjutnya kita selaku pengusaha harus bisa melaksanakan hal yang berkaitan dengan sosialisasi halal ini.

Dalam kegiatan yang sama kepala MUI Natuna Hj. Mustapa Sis, S. Pd. mengatakan” Kami mengucapkan terima kasih untuk seluruh panitia yang telah bekerja sama sehingga acara yang dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar, dan kami juga mengucapkan ribuan terima kasih untuk seluruh peserta sosialisasi sadar halal pada pagi hari ini, serta permohonan maaf yang sebesar nya apabila dalam pelaksanaan kegiatan ini terdapat kesalahan dan kekurangan yang tidak di sengaja oleh pihak panitia”.

Dalam kesempatan yang sama Ketua STAI Natuna selaku Ketua Panitia H. Kartubi, S. E. M. E. I. mengatakan” Di Indonesia telah ada undang-undang yang mengatur bahwa produk makanan dan minuman yang di keluarkan harus halal sesuai dengan undang-undang nomor 33 tahun 2014, lebih kurang 5 tahun yang lalu yang telah efektif dilakukan agar masyarakat memiliki kepastian halal dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang digunakan”.

Lanjut Kartubi, adapun tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya produk halal, memberikan kenyamanan, keamanan dan kepastian dalam ketersediaan produk halal bagi masyarakat, serta menambah nilai jual pelaku usaha yang ada di Kabupaten Natuna.

Kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan selama dua hari dimulai dari tanggal 02-03 November 2019 yang dilaksanakan di gedung aula STAI Natuna, yang diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Natuna seperti, Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran Tengah dan Selatan.

Narasumber dari kegiatan tersebut, Kepala MUI provinsi Dr. Pauzi, S. M. M. Si., MUI provinsi, Drs. H. Arusman, Yusuf,. M. H. I. , LPPOM MUI, Ir. Dodi Revinaldo, Ka Kemenag, Drs.H.Muhammad Husen, LPPOM MUI Provinsi Kepulauan Riau, Kantor Kemenag Natuna, Dinas Disperindag usaha kecil dan mikro, serta Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Natuna. Kegiatan ini juga dihadiri oleh FKPD, OPD, serta para tamu undangan.***r. 02

Sharing