Asisten II Buka Kegiatan Bimtek Pengelolaan Arsip Statis Dalam Rangka Penyusunan Arsip Daerah

Natuna, (Kepripos.co.id)-

“Pengelolaan kearsipan merupakan sebuah fungsi penting dalam segala hal baik dalam rekam jejak informasi sejarah, terkait aset maupun berbagai kepentingan penyimpanan informasi dalam berbagai bidang dan kepentingan lainnya. Mengingat arsip sebagai sumber informasi dan sebagai bahan pertanggungjawaban yang outentik, merupakan sebuah keharusan bahwa pengelolaan berbagai bentuk dokumentasi arsip diselenggarakan secara profesional sesuai kaedah dan aturan yang berlaku”, hal ini disampaikan oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pemerintah H. Tasrif, dalam kegiatan bimbingan teknis penyusunan arsip daerah, di aula hotel Trend Central Ranai, 12/11/2019, pagi.

Lanjut Tasrif, dalam penyelenggaraan pemerintahan hal ini hendaknya menjadi perhatian dan kepedulian, serta kemampuan manajerial seorang aparatur yang mampu memilah dan mengelola dokumen arsip secara kreatif dan handal. Maka dari itu diharapkan untuk seluruh peserta bimbingan teknis ini dapat mengikuti kegiatan ini secara serius agar ilmu yang di dapati bisa bermanfaat bagi pengelolaan arsip dokumen statis, dimana dokumen arsip yang dimaksud adalah memiliki nilai kesejarahan.

Dalam kegiatan yang sama ketua panitia Suharti mengatakan,” Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah, mewujudkan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan. Pemusnahan arsip yang tidak memiliki nilai guna dan penyerahan arsip statis kepada lembaga kearsipan (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna)”.

Lanjut Suharti, kami juga mengharapkan agar kepada seluruh para peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan serius dan kami juga mengucapkan ribuan terima kasih untuk seluruh peserta yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam kegiatan bimbingan teknis penyusunan arsip daerah pagi hari ini.
Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang peserta, terdiri dari perwakilan pengelolaan arsip OPD dari 29 OPD dan BUMD Kabupaten Natuna.

Narasumber dari kegiatan ini berasal dari Subdirektorat Akuisisi Arsip 1- Arsip Nasional Republik Indonesia Stella Sigrid Juliet, S. S. M. Hum. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari dimulai dari tanggal 12-13 November 2019 di aula hotel Trend Sentral Ranai dengan materi bimbingan, Penyusutan Arsip, Penyerahan Arsip dan Pemusnahan Arsip. Kegiatan ini juga dihadiri oleh FKPD, OPD, serta tamu undangan. ** R.02

Laporan : Irwanto

Sharing