Bawaslu Sosialisasi Pemuli Terhadap Kelompok Masyarakat Rentan

Natuna, (Kepripos.co.id)

“Dalam melakukan tahapan pemilu untuk sekarang ini membutuhkan partisipasi publik dalam mengawasi pemilu, Bawaslu tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa bantuan dari masyarakat dalam proses pengawasannya”, hal ini disampaikan oleh Komisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kepri Muhammad Sujahri Papete, S.H. M.H. dalam kegiatan sosialisasi tatap muka bersama kelompok masyarakat rentan, di rumah makan Gerai, 26/11/2019, pagi.

Lanjut Muhammad, kiranya Sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Bawaslu Kabupaten Natuna ini bisa berjalan dengan lancar dan baik sebagai mana sesuai dengan semboyan Kabupaten Natuna, harapan kita agar pemilu yang akan datang bisa berjalan dengan lancar.

Dalam kegiatan yang sama Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna Khairulrizal mengatakan,” kami mengucapkan selamat datang untuk anggota Bawaslu RI yang telah hadir untuk megikuti kegiatan sosialisasi yang kami laksanakan ini, semoga seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa meresapi ilmu yang diberikan oleh para pemateri”.

Menurut Khairulrizal, setelah kegiatan ini Anggota Bawaslu RI akan melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya ke Desa Kelarik dalam rangka peresmian Desa sebagai Desa yang mengawasi tentang rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan Pemilu serentak di tahun 2020 mendatang.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh lebih kurang 35 orang peserta, kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu hari yang di laksanakan di rumah makan Gerai, yang Narasumbernya berasal dari Anggota Bawaslu RI Bapak Affifudin dan pemerhati kegiatan Pemilu Bapak Jojo Rohi.

Narasumber Affifudin mengatakan,” kami mengajak seluruh tokoh agama untuk membuat sebuah materi khutbah yang memberikan wawasan tentang pengawasan, contohnya pilihlah pemimpin yang baik yang memperdulikan umat beragama, jangan lah memilih pemimpin yang dzolim, apabila kita memilih pemimpin yang dzolim maka nerakalah tempatnya. Karena agama mendorong untuk memilih pemimpin yang jujur dan berwatak baik serta mementingkan kepentingan umum dari pada kepentingan sendiri”.

Pemateri lainnya Jojo Rohi selaku pemerhati kegiatan Pemilu mengatakan” jika kita dilibatkan dalam suatu proses kegiatan dengar pendapat yang di lakukan oleh Legislatif atau pihak DPRD, apabila kegiatan ini berjalan dengan baik maka kita telah berdaulat sebagai rakyat, karena kita telah dilibatkan dalam suatu proses pengambilan kesepakatan besar yang membawa dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi rakyat, sehingga apa yang kita harapkan ketika pemilihan waktu dulu bisa terwujud dengan benar”.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua LAM H. Wan Zawali, Ketua MUI Natuna H. Mustapa Sis, Pemuda Pancasila, Komuna, Dema STAI Natuna, para tokoh agama, Pelajar SLTA di wilayah Kecamatan Bunguran Timur, serta para tamu undangan.** R.02

laporan : Irwanto

Sharing