Wakil Bupati Buka Pelatihan CPNS Golongan III

Natuna, (Kepripos.co.id).-

“Pelatihan dasar yang diikuti ini merupakan bagian dari pembangunan karakter sebagai PNS yang mampu berperilaku, berintegritas dan beretika demi mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat. Selanjutnya seluruh peserta latsar, diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai dasar PNS yakni akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi. Selain itu PNS juga dituntut sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, perekat dan pemersatu bangsa”, hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Natuna Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA, dalam acara pembukaan pelatihan dasar CPNS golongan III di lingkungan Pemkab. Natuna, di gedung Srisrindit Ranai, 02/03/2020, pagi.

Lanjut Ngesti, Sebagai pelaksana kebijakan publik kita dituntut untuk mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang di bebankan sesuai dengan tugas jabatan berdasarkan ketentuan yang telah di tetapkan. Sebagai pelayan publik setiap kita wajib menyadari bahwa sebagai aparatur kita di tuntut untuk melayani bukan di layani, sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Jika keseluruhan nilai tersebut di atas sudah tertanam dalam diri, maka tujuan pelatihan dasar PNS yang profesional, akuntabel dan memiliki nilai integritas akan terwujud, yang akan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Dalam kegiatan yang sama Kepala BKPSDM Ibuk Dra. Ewita Yuda mengatakan “Tujuan dilaksanakannya pelatihan dasar untuk para PNS ini bertujuan, untuk mengembangkan potensi dasar dari diri seorang PNS dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam berperilaku yang baik serta menjadi contoh bagi masyarakat dalam wujud bela Negara ketika mengabdikan diri terhadap Bangsa dan Negara. Seorang PNS harus mampu menjadi pelayan publik agar apa yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa terpenuhi ketika ingin mengurus sesuatu dan ingin mendapatkan informasi yang benar”.

Menurut Ewita, bahwa pelatihan dasar ini juga memiliki tujuan yang begitu penting yaitu, bertujuan untuk melatih diri untuk berdisiplin waktu dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat. Saya mengharapkan kepada seluruh peserta untuk bisa mengikuti kegiatan ini dengan serius agar ilmu yang didapatkan bisa diterapkan ketika melaksanakan tugas nantinya.

Adapun jumlah peserta pelatihan dasar CPNS golongan III tahun 2020 berjumlah 49 orang peserta yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 30 orang perempuan. Pelatihan ini akan dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan ke-depan di mulai dari tanggal 02 Maret-02 April tahun 2020, yang bertempat di asrama haji Natuna.
Kegiatan pelatihan dasar untuk para CPNS ini juga dihadiri oleh OPD, serta para tamu undangan.**

Laporan : Irwanto/ R, 02

Sharing