Asistens II Sarankan UMKM Temukan Produk Baru

Natuna, (Kepripos.co.id).

Kewirausahaan merupakan bagian dari unsur sebuah pembangunan daerah karena, tanpa keterlibatan dari masyarakat yang terlibat langsung di dunia kewirausahaan yang secara berangsur-angsur bisa meningkatkan perekonomian masyarakat serta mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Natuna. Kegiatan merupakan salah satu kegiatan program Pemerintah Daerah di sektor pengembangan usaha mikro dan kecil menengah yang bertujuan, untuk mewujudkan pengembangan potensi sumber daya alam di daerah yang bisa dimanfaatkan serta berguna bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, hal ini disampaikan oleh Asisten II Bagian Ekonomi Pembangunan Bapak Tasrif, S. Sos. dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan, di aula hotel Trencentral Ranai, 09/03/2020, siang.

Lanjut Tasrif, kegiatan ini merupakan strategi pemerintah dalam proses pemerataan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Kabupaten Natuna untuk memberikan suatu bekal ilmu serta pengetahuan yang lebih luas tentang dunia usaha. Untuk itu saya mengharapkan kepada seluruh peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius.

 

 

 

 

 

Dalam kegiatan yang sama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bapak Drs. Agus Supardi mengatakan, “Kewirausahaan adalah semangat sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada mencari, menerapkan serta membuat sebuah produk baru yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan yang besar. Secara umum kewirausahaaan merupakan suatu proses menciptakan produk baru secara inovatif, kreatif selain itu barang yang diciptakan tersebut mempunyai manfaat bagi orang lain serta mempunyai nilai tukar tambah yang tinggi”.

Menurut Supardi, menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah, karena seorang pengusaha yang hebat harus mampu mengambil resiko yang tinggi walaupun pengambilan kebijakan tersebut mempunyai dampak negatif bagi usahanya. Untuk itu saya harapkan semoga seluruh peserta yang mengikuti pelatihan kewirausahaan ini mempunyai sifat tersebut agar usaha yang di jalankan bisa bermanfaat bagi orang banyak, sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang yang membutuhkan pekerjaan.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan berjumlah 32 orang yang berasal dari 13 Kecamatan se-Kabupaten Natuna salah satunya yaitu, perwakilan dari Kecamatan Bunguran Timur 3 orang, Bunguran Timur Laut 2 orang, Bunguran Tengah 1 orang, Bunguran Utara 4 orang, Bunguran Selatan 2 orang, Bunguran Barat 4 orang, Kecamatan Pulau Laut 2 orang, Pulau Tiga 3 orang, Midai 4 orang, Serasan 2 orang, Serasan Timur 2 orang, Subi 2 orang, Bunguran Batubi 1 orang.
Kegiatan penyelenggaraan pelatihan Kewirausahaan ini dilaksanakan selama tiga hari kedepan yang di mulai dari tanggal 09-11 Maret 2020 bertempat di aula hotel Trencentral Ranai.

Narasumber dari kegiatan ini berasal dari perwakilan Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah RI Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Manusia yaitu Bapak Drs. Sanata Prayojana, MM. Kegiatan ini juga dihadiri oleh OPD, FKPD, serta para tamu undangan.***(r. 02)

Sharing