Tim Survei Jepang Tinjau Pasar Ikan Ranai

Natuna,  (Kepripos.co.id)-

Semoga dengan di adakan pertemuan ini pihak Jepang bisa membangun Natuna lebih maju dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Natuna agar bisa berkembang, ” hal ini disampaikan oleh Asisten I Pemkab Natuna Muhammad Amin dalam acara rapat kerja Pemkab Natuna dengan team Survai rencana Pembangunan pasar ikan bantuan Pemerintah Jepang di ruang rapat Kantor Bupati Natuna, 22/08/2019, siang.

Lanjut Amin, pemerintah Natuna akan membantu semaksimal mungkin dalam upaya mempercepat pembangunannya, baik dari Sumber Daya Manusia (SDM) maupun lokasi pembangunannya.

Rapat koordinasi tim JICA Jepang dengan Pemkab Natuna

TIM JICA Jepang diantaranya Mr. Satoshi CHIKAMI, Ms. Tomoko Kogure, Mr. Jun Totsukawa, Mr. Yukiuasu Niwa, Mr. Shinichi Yamanaka (Chief Representative JICA), Ms. Rifa Arifah (JICA Indonesia) didamping oleh Kepala Sub Direktorat Kelembagaan dan Perlindungan Nelayan dirjen Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikakanan Mahrus.

Untuk tahun ini baru dilakukan dua kegiatan yaitu DED dan Analisis dampak lingkungan ( AMDAL), tahun 2020 baru memulai pembangunan susuai tahapannya, terang Mahrus.
Dalam kesempatan yang sama Kepala JICA Perwakilan Jepang di Jakarta Shinichi Yamanaka mengatakan ” Pemerintah Jepang akan segera melakukan peninjauan lokasi pembangunan agar pembangunannya bisa cepat dilakukan”.

Lanjut Yamanaka, kami juga akan melakukan pelatihan terlebih dahulu untuk para pekerja di Natuna agar bisa meningkatkan Efektivitas kerja dan SDMnya bisa bersaing dengan Negara lain.

Tim ini akan melakukan beberapa agenda di Natuna, hari pertama mengunjungi pasar ikan dan lokasi yang akan dibangunnya pasar ikan ( Bantuan Jepang ), hari kedua ( 23/08/2019 ) team akan mengunjungi SKPT Selat lampa dan nelayan Pulau Tiga.

Rapat singkat, dilanjutkan dengan meninjau pasar ikan Ranai, di pasar ikat team Jepang berdiskusi dan menggali potensi dan kendala para nelayan, sebuah kajian dampak sosial setelah pasar dibangun nantinya, terang salah seorang team.

Kunjangan terakhir tim dihari pertama dengan mengunjungi lokasi yang akan direklamsi, lokasi terseut berada dibelakang terminal sementara, sekitar 300 meter dari pasar lama.

lokasi yang akan direklamasi

Kadis Perikanan Zakimin optimis pembanguanan akan berjalan sesuai rencana, termasuk menggesa izin reklamsi dan amdal.

Terut mendampingi, Kadis Perikanan Sakimin, Sekretaris Perkim Idris, dari DLH, Camat Bunguran Timur Wan Suhardi.**

Denah rencana pembangunan pasar hibah pemerintah Jepang

Laporan : R.2/ Irwanto

Sharing