Stunting Penyebab Kemiskinan

Natuna, (Kepripos.co.id)-

Rembuk stunting jangan hanya dijadikan acara srimonial saja, perlu diwujudan dalam sebuah program desa dan kesadaran bersama oleh semua eleman masyarakat agar stunting tidak ada lagi bersa kita, disampaikan oleh Sekretaris DMPD Kabuputen Natuna di Aula Kantor Desa Ceruk, 10/09/2019.

Kades Ceruk A.Ramli begitu antusias dalam rembuk stuting di Desanya, namun Ramli berharap dukungan masyarakat untuk menyukseskan program pengentasan Stunting ini dan pihak desa siap menganggarkan program ini apa lagi sudah mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Rembuk Stanting Desa Ceruk menghadirkan beberapa kader desa, puskesmas Timur laut, tokoh masyarakat dan TPID, membuat Tenaga Ahli Madya Pelayanan Sosial Dasar Masyarakat TAM PSDM Provensi Kepri Munawir selaku nara sumber bersemangat.

Nawir menjelaskan, Stunting merupakan salah satu penyeba terjadinya kemiskinan, satu sisi kita berbica mengentaskan kemiskinan. Yuk kita entaskan stunting secara Kopergensi ( sinergitas ) mulai dari Kementerian, Organasasi Perangkat Daerah dan stakholder lainnya hingga ke Desa.

Dampak dari stunting, anak lebih mudah terserang penyakit, sehingga kedepannya desa akan sulit untuk menjadi desa maju dan mandiri karna generasinya selalu sakit, juga anak yang terkena stunting tingkat kecerdasannya cendrung menurun, sehingga sulit untuk berpikir untuk kemajuan dan kemaslahatan desanya, kemudian efek dari stunting lainnya adalah menurunnya tingkat produktifitas bruto sehingga , mempengaruhi tingkat perekonomian nasional. Oleh karenanya mari bersama sama kita cegah stunting dengan cara pihak Desa perlu mensosialisasi kepada masyarakat pada momen apapun masalah stunting dan cara mengatasinya, Tutup Nawir.

 

Adapun desa yang sudah mengadakan rembuk stunting di Kabuaten Natuna. Kecamatan Serasan antara lain Desa Kampung Hilir, Batu Berlian, Tanjung Setelung , Tanjung Balau, Pangkalan, Jermalik. Kecamatan Serasan Timur antra lain Desa Arung Ayam, Air Nusa , Air Ringau, Payak. Kecamatan Bunguran Timur antara Sungai Ulu , Sepempang, Batu Gajah . Kecamatan yaitu Pulau Laut yaitu Desa Kadur ,Tanjung Pala , Air Payang. Kecamatan Pulau Tiga yaitu DesaSabang Mawang , Sededap, Tanjung Batang , Serantas, Sabang Mawang Barat, Teluk Labuh. Bunguran Timur Laut yaitu Desa Tanjung, Kelanga, Pengadah, Sebadai Ulu, Limau Manis, Selemam. Kecamatan Bunguran Tengah Tapau, Harapan Jaya, Air Lengit. Kecamatan Bunguran Selatan yaitu Desa Cemaga , Cemaga Selatan (Setengar) , Cemaga Utara (Singgang Bulan) dan Cemaga Tengah. Kecamatan Pulau Tiga Barat yaitu Desa Pulau Tiga , Tanjung Kumbik Utara , Setumuk dan Selading. Kecamatan Bunguran Utara Kelarik Utara, Kelarik, Kelarik Barat, Kelarik Air Mali, Teluk Buton, Belakang Gunung . Seluan Barat dan Gunung Durian.

Kecamatan Subi yaitu Desa Subi Besar, Meliah, Pulau Panjang, Terayak , Pulau Kerdau, Subi Besar Timur dan Meliah Selatan. Kecamatan Bunguran Batubi Batubi Jaya yaitu Desa Gunung Putri, Sedarat Baru, Semedang, Sedanau Timur. Kecamatan Bunguran Barat yaitu Desa Mekar Jaya, Binjai, Piantengah dan Selaut. Kecamatan Midai yaitu Desa Sebelat dan Air Putih. Kecamatan Suak Mida yaitu Desa Air Kumpai , Batu Belanak dan Gunung Jambat.

Sampai berita ini diturunkan masih ada beberapa desa menunggu jadwal rembuk stanting dari TPID.** ( R.2 )

Sharing