Sekda Buka Kegiatan Penyusunan RPJM Dan RKP Desa Dengan RPJMD Kabupaten Natuna

Natuna, (Kepripos.co.id)-

“Diharapkan untuk pihak Kecamatan dan Desa saling bersinergi agar pembangunan di Desa lebih merata dan tepat sasaran agar apa yang diharapkan oleh pihak Pemerintah Daerah bisa terwujud, untuk itu rencana pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pihak Desa harus direncanakan dengan baik agar proses pembangunan yang menggunakan dana Desa bisa bermanfaat untuk kemajuan Desa tersebut “. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Natuna Wan Siswandi, S. Sos. M. Si. dalam kegiatan penyusunan RPJM Desa dengan RPJMD Kabupaten Natuna, di gedung asrama haji masjid agung, 06/11/2019, pagi.

Menurut Siswandi, kegiatan ini sangat penting untuk aparatur Desa agar meningkatkan pemahaman dalam proses penyusunan RPJM Desa agar proses penyusunannya bisa cepat terselesaikan. Kami selaku pihak Pemerintah Daerah Natuna mengucapkan terima kasih untuk pihak Desa karena Kabupaten Natuna mendapatkan juara 1 di tingkat Provinsi Kepulauan Riau dalam lomba pengelolaan dana Desa yang cepat dan tepat sasaran yang tidak lepas dari kerja keras dan tanggung jawab dari pihak aparatur Desa.

Dalam kegiatan yang sama ketua panitia Sri Riyawati mengatakan, “kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan undang-undang nomor 06 tahun 2014 tentang Desa dan peraturan dalam Negeri no 114 tahun 2014 tentang rencana pembangunan, kemudian tujuan dari kegiatan ini adalah, mempasilitasi terutama aparatur Desa dan proses penyusunan dokumen Desa seperti RPJMD dan RKP Desa”.

Lanjut Sri, adapun sasaran kegiatan ini yaitu, untuk pihak Desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala Desa secara serentak pada pertengahan bulan November ini, dimohonkan untuk seluruh peserta yang hadir pada kesempatan ini bisa mengikuti dengan serius agar apa yang disampaikan oleh narasumber bisa berdampak baik untuk peningkatan kerja para pihak aparatur Desa di wilayah kerja masing-masing.

Kegiatan penyusunan ini diikuti oleh 70 Desa yang ada di wilayah Kabupaten Natuna berjumlah kurang lebih 100 orang peserta, kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari dimulai dari tanggal 06-07 November 2019 bertempat di gedung asrama haji masjid agung Natuna, narasumber dari kegiatan ini berasal dari Kementerian Dalam Negeri Bapak Hartoyo.

Kegiatan Fasilitasi dan Sinkronisasi ini juga dihadiri oleh FKPD, OPD, Camat dan pendamping Desa se-Kabupaten Natuna, serta para peserta. ** R.02

Sharing