Musrenbang Natuna Evaluasi Kerja Keras 2016-2020

Natuna, (Kepripos.co.id).-

“Saya yakin kegiatan Musrenbang kali ini sudah melalui tahapan yang begitu panjang dari musrenbang Desa dan Kelurahan, Kecamatan hingga sampai ke porum perangkat Daerah, karena musrenbang yang akan kita laksanakan ini mempunyai arti yang penting bagi pembangunan dan kemajuan Natuna kedepannya. Dengan adanya musrenbang ini maka semua pihak pemangku kepentingan bisa memberikan pandangan dan arahan dalam proses penyusunan dokumen yang akan di usulkan bisa mendapatkan kesepakatan bersama tentang rencana pembangunan Kabupaten Natuna di tahun 2021”, hal ini disampaikan oleh Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M. Si. dalam kegiatan pembukaan musrenbang tingkat Kabupaten Natuna, di gedung Srisrindit Ranai, 03/03/2020, selasa malam.

Lanjut Hamid, berbicara tentang masalah pembangunan tahun ini merupakan tahun ke lima dari rancangan RPJMD dari tahun 2016-2020 untuk itu kita perlu kerja keras untuk target yang telah kita tetapkan hingga memerlukan dukungan dari semua pihak. Dari kebijakan tersebut telah terbukti dengan turunnya angka pengangguran dan kenaikan angka perekonomian Natuna di angka 5,95% yang mengalami kenaikan di tahun 2019 yang masih diatas angka ekonomi Nasional.

Dalam kesempatan yang sama Ketua DPRD Natuna Andes Putra, S. Pd. mengatakan” DPRD Natuna mendukung penuh acara musrenbang ini, semoga dengan adanya musrenbang ini bisa menjalin komunikasi yang baik dalam rangka membahas rencana pembangunan Daerah Kabupaten Natuna di tahun 2021 yang sesuai dengan visi dan misi Kepala Daerah untuk membangun Kabupaten Natuna yang lebih maju.”

Adapun ide-ide pokok yang menjadi harapan DPRD Kabupaten Natuna untuk rencana pembangunan Kabupaten Natuna di tahun 2021 yaitu, pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, pemenuhan kebutuhan listrik bagi masyarakat, penyediaan air bersih, peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan pendapatan asli daerah, penyediaan sarana penghubung transportasi darat,laut maupun udara, penambahan sarana komunikasi atau jaringan, pengembangan wisata bahari, peningkatan sumber daya manusia, penyediaan lapangan pekerjaan, pembangunan pelabuhan nelayan dan pelabuhan perikanan, meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah, peningkatan daya saing daerah, pencegahan terhadap penyalah gunaan narkoba, percepatan pengurangan jumlah kemiskinan, pemenuhan bahan pokok di setiap Kecamatan, meningkatkan hasil perkebunan karet, serta melanjutkan pembangunan yang belum terselesaikan.

Dalam kegiatan yang sama Kepala Dinas BP3D Mustapa Albakrie, SE. mengatakan, ” acara musrenbang pada saat ini juga disejalankan dengan acara lomba inovasi teknologi tepat guna Kabupaten Natuna yang di selenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Pengembangan inovasi penting dilakukan karena dapat menjadi motor penggerak pembangunan daerah kita, karenanya pemerintah mendorong berbagai pihak untuk memperkuat riset dan pengembangan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat kita”.

Menurut Mustapa, tujuan dilaksanakannya acara musrenbang dan lomba inovasi teknologi tepat guna ini bertujuan, untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat kita sehingga cita-cita untuk menjadi masyarakat yang cerdas dan mandiri dalam kerangka keimanan dan budaya tempatan bisa dapat tercapai.
Kegiatan musrenbang ini akan dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari tanggal 03-05 Maret 2020 bertempat di gedung Srisrindit Ranai, peserta musrenbang ini diikuti oleh perangkat daerah dan kecamatan, DPRD Kabupaten Natuna, instansi pertikal, perwakilan masyarakat, perguruan tinggi, LSM/Ormas, pelaku dunia usaha, BUMD, serta unsur masyarakat lainnya.

Kegiatan musrenbang ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Natuna Jarmin Sidik beserta anggota, Sekretaris Daerah Wan Siswandi, OPD, FKPD, Camat se-Kabupaten Natuna, Forum Anak Natuna (FAN), serta para tamu undangan.

Sebuah perjuangan dan semangat kebersamaan setiap kesempatan Bupati Hamid Rizal mengaungkan pembentukan provinsi Natuna, sehingga Hamid memukul empat kali gong bertanda mulainya musrenbangda dan bertanda juga empat bakal Calon Kabupaten di Natuna.

Selajutnya Hamid mengunjungi stand tegnologi Tepat Guna ( TTG) yg perlombakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Loparan : Irwanto / R.02

Sharing

52 responses to “Musrenbang Natuna Evaluasi Kerja Keras 2016-2020”