Marak Hacker WA, Mantan Tim Cyber Polda Kepri Imbau Masyarakat Lebih Bijak

BINTAN– Marak peretasan nomor WhatShapps (WA) oleh para hacker, Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Agus Hasanuddin imbau masyarakat lebih jeli ini trick dan tips agar nomor WA tetap aman.

Waspada, terhadap hacker yang belakangan ini merebah dan menyerang di medsos. Diharapakan kepada penguna lebih bijak, oleh karena itu kepada kita semua untuk mengaktifkan sistem keamanan tambahan yang disediakan aplikasi WA.

Cukup klik tombol setelah pada aplikasi WA, kemudian klik tombol akun dan pilih tomboh verifikasi dua langkah, selanjutnya masukkan pin rahasia melalui email yang digunakan penyegaran lupa pin bisa dipulihkan menggunakan email terdaftar dan lakukan verifikasi pin serta email anda.

Terlebih penting, jangan pernah menyetujui konfirmasi pergantian nomor WA jika kita tidak melakukannya,” imbaunya, AKP Agus Minggu (114/6/20).

Menurutnya ini penting, agar nomor WA kita tidak disalahgunakan dalam melancarkan modus penipuan yang belakangan ini cukup marak terjadi.

Pasalnya, beberapa waktu lalu sempat ada penipuan menggunakan nomor WA yang sudah di-hack seseorang. Nyaris menjadi korban, keluarga dari kepolisian, jelas AKP Agus Hasanuddin.

Beruntung saat itu, calon korban bergerak cepat dengan mengecek kembali nomor WA orang tersebut yang diretas hacker dengan menggunakan nomor lain. Sehingga, langsung dikeluarkan dari beberapa group WA.

“Tapi untung belum ada kerugian karena langsung di chat dengan nomor WA lainya ke teman-temannya dan secepatnya dikeluarkan dari grup–group WA,” ungkapnya.

Mantan Tim Cyber Polda Kepri itu menambahkan, modus yang biasa digunakan para hacker untuk menipu dengan cara meminjam sejumlah uang kepada calon korbannya menggunakan nomor WA yang diretasnya, seolah – olah WA tersebut menyerupai teman maupun kerabat dekat.

Biasanya, pelaku penipuan memanfaatkan nomor itu untuk meyakinkan calon korbannya. Dengan modus berpura-pura meminjam uang, tandas Kasat Reskrim Polres Bintan.**

Laporan: Siswanto.*

Sharing