Polisi Ancam Tindak Tegas Penambang Pasir illegal Di Bintan

BINTAN – Maraknya aksi penambangan pasir darat secara illegal dikawasan Kabupaten Bintan terpantau membandel, pasalnya hingga saat ini para “pemain” masih tetap beroperasi meski sudah dihimbau berulang kali untuk tidak beroperasi secara illegal, dugaan aktifitas tersebut dibekengi lapisan ‘orang kuat’ yang bersembunyi dibelakang aktifitas itu.

Akibatnya penambangan tersebut tidak terhindar terjadinya kerusakan lingkungan yang tidak terkontrol.  Andai para penambangan memiliki izin tentu akan ada sistem pengawasan dari pihak Pemerintah Daerah.

Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Agus Hasanuddin menyampaikan Satuan Tugas (Satgas) Bencana Alam Polres Bintan sedang melakukan pendataan terhadap aktifitas pengerusakan alam. Tidak hanya tambang pasir, illegal logging dan aktifitas lainnya yang merusak alam akan berhadapan dengan hukum.

“Musim hujan, daerah kita (Bintan) rawan akan banjir dan tanah longsor. Hal tersebut diakibatkan belakangan ini marak aktifitas yang melangar hukum, oleh karena itu pihaknya akan segera melakukan penindakan/penertiban,” tegas Agus.

Meski begitu, pihaknya tidak mau gegabah dalam menuntaskan persoalan tambang pasir darat illegal dikawasan Bintan, khususnya di area Galang batang, nikoi, desa malang rapat serta bukit timah. Sebab, guna menghindari gesekan internal maupun masalah sosial lainnya.

Agus maupun Satgas Bencana Alam Polres Bintan akan mengkaji rencana penutupan tambang pasir secara permanen dengan memikirkan dampak dan akibat yang akan ditimbulkan.

Diketahui, sebagian besar hasil pasir itu menunjang kegiatan infrastruktur di Kota Tanjungpinang maupun Bintan. Akan tetapi para pemain sebagian besar ditampung oleh redimik yg berlokasi di Galang Batang maupun toko bangunan besar di kota Tanjungpinang dan Bintan.

“Oleh karena itu, pihaknya bersama pertambangan dan perizinan serta pemerintah terkait akan mengakaji agar solusi saat dilaksanakan penertiban, persuasif hingga penindakan,” tegasnya.

Agus pun memastikan, seluruh aktifitas tambang pasir di Bintan belum mengantongi izin alias illegal. Dalam waktu dekat, Satgas Bencana Alam Polres Bintan akan kembali turun, apa bila ada aktifitas pengrusakan alam termasuk tambang pasir akan ditindak tegas, tandasnya.***

Laporan Siswanto #KP 01

Sharing