Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa Pimpin Penutupan Pendidikan Taruna dan Taruni Akmil Tingkat IV

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara Penutupan Pendidikan & Wisuda Sarjana Taruna / Taruni Tingkat IV Akademi Militer TA 2019/2020, Senin 6 Juli 2020 di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah.

Sebanyak 254 orang Taruna dan Taruni Akmil, terdiri dari 234 Taruna dan 20 resmi ditutup Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus yang hadir dalam Upacara di Lapangan Pancasila Akademi Militer serta dihadiri sebagian orang tua Taruna dan Taruni.

Setelah Upacara Tupdik, di tempat yang sama dilanjutkan dengan acara wisuda sarjana dan sumpah prajurit.

Ada yang berbeda dalam upacara penutupan pendidikan tahun ini dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana seluruh peserta upacara, para Taruna dan Taruni seluruhnya menggunakan masker.

Penganugerahan penghargaan Adhi Makayasa dan Anindya Wiratama, Taruna dan Taruni penerima penghargaan mengalungkan sendiri penghargaan yang diterimanya dan mengambil piagam penghargaan di atas meja, hal tersebut guna mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Selanjutnya, upacara penutupan pendidikan dikendalikan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa untuk memberikan ucapan selamat kepada seluruh Taruna dan Taruni Tingkat IV (Sermatutar) yang telah menyelesaikan pendidikan selama empat tahun berjalan baik dan berhak menyandang gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr (Han).

“Kasad, juga mengucapkan selamat kepada lulusan terbaik Taruna (Putra) yang mendapatkan piagam dan medali penghargaan Adhi Makayasa diraih oleh Sermatutar Angga Andhika Yudha, penghargaan Anindya Wiratama kepada lulusan terbaik Taruni (Putri) diraih oleh Sermatutar Heny Puspitasari,” dimana penghargaan itu merupakan bentuk pengakuan atas kerja keras dan potensi diri yang telah ditunjukkan para Taruna selama pendidikan.

” Pimpinan TNI AD (Kasad) juga berharap agar prestasi yang telah diraih dapat terus dikembangkan dalam berkarier sebagai perwira TNI AD nantinya, ” papar Alumni Akademi Militer tahun 1992 itu.

Dirinya juga meminta kepada seluruh Taruna dan Taruni agar terus belajar dan berlatih, guna mengembangkan kemampuan masing-masing menjadi perwira yang profesional mencapai pemimpin TNI AD yang kelak dapat diandalkan dan siap ditempatkan di satuan-satuan prioritas TNI AD yang tersebar di seluruh wilayah NKRI.

Lulusan Akademi Militer tahun ini terbagi dalam 10 ( sepuluh) korps kecabangan di TNI AD, antara lain kecabangan Infanteri 116 Taruna, Kavaleri 24 Taruna, Armed 19 Taruna, Arhanud 20 Taruna, Zeni 25 Taruna 2 Taruni, Penerbad 13 Taruna 3 Taruni, Bekang 7 Taruna 6 Taruni, Perhubungan 3 Taruna 2 Taruni, Peralatan 2 Taruna 2 Taruni, Polisi Militer 5 Taruna 5 Taruni.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkostrad, Dankodiklat TNI AD, Danjen Akademi TNI, Gubernur Akmil, Para Danpuscab, para pejabat teras di lingkungan TNI AD, Pejabat Distribusi Akademi Militer dan Para Gumil, Dosen, Pengasuh dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa, serta 1142 Taruna dan Taruni Tingkat I,II,III dan IV.

Diakhir rangkaian kegiatan upacara, dimeriahkan Playpass dan Display GSCL (Genderang Suling Caka Lokananta) disertai peragaan defile taruna dan taruni tingkat IV yang disaksikan oleh Kasad beserta para undangan.

Laporan Siswanto #Dispenad

Sharing