Memperingati HUT ke-60 Hari Bakti Adhyaksa

LINGGA – Kejari Lingga mengikuti rapat secara virtual bersama Kejaksaan Agung RI terkait dengan rangkaian kegiatan dalam memperingati hari ulang tahun ke-60 Hari Bakti Adhyaksa (HBA) pada 16/07/2020.

Seusai mengikuti rapat secara virtual, Kejari Lingga menggelar bakti sosial berupa pembagian sembako secara simbolis terhadap beberapa warga yang tinggal di lingkungan Kantor Kejari Lingga. Kejari Lingga, Imang Job Marsudi, mengatakan kalau pembagian sembako dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ada.

“Pada kesempatan ini, kami dari Kejaksaan Negeri Lingga telah melaksanakan kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan ke-60 Hari Bakti Adhyaksa (HBA) dan Hari Ulang Tahun XX Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) tahun 2020. Untuk hari ini kami telah membagikan secara simbolis paket sembako kepada masyarakat di sekitar Kantor Kejari Lingga. Kita juga akan membagikan sembako untuk masyarakat yang tinggal jauh dari lokasi kantor. Kita berusaha untuk menghindari kerumunan, sehingga nantinya kita yang akan mendatangi saudara-saudara kita yang mungkin masih membutuhkan bantuan dari kami,”jelas Imang Job Marsudi.

Menurut Kejari Lingga, kalau kegiatan bakti sosial tersebut merupakan bentuk kepedulian pihak Kejaksaan Lingga terhadap masyarakat yang ada.

“Ini merupakan wujud kepedulian dari pihak kejaksaan, bahwasanya kejaksaan sudah hadir di tengah masyarakat, serta kejaksaan juga ikut merasakan senasib-sepenanggungan dengan warga di sekitar kami dan berusaha untuk meringankan beban saudara-saudara kami yang ada di sekitar kami,” ujar Kejari Lingga ini.

Imang Job Marsudi berharap dengan bantuan yang diberikan tersebut, dapat semakin meningkatkan rasa kepedulian antar sesama.

“Harapan kami, mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat, juga tentunya semakin meningkatkan rasa kepedulian kami sesama kita, atau saudara-saudara kita yang membutuhkan,” kata Imang Job Marsudi ini.

Selain itu, Imang Job Marsudi menambahkan kalau pihaknya juga menggelar lomba eksternal berupa lomba fotografi untuk umum dan lomba pidato untuk kalangan pelajar tingkat SLTA/sederajat.

“Dalam rangka memperingati ke-60 Hari Bakti Adhyaksa ini, ada beberapa rangkaian kegiatan yang telah dimulai dari beberapa hari yang lalu. Antara lain, untuk eksternal kita mengadakan lomba fotografi dengan tema “Keindahan Alam dan Kebudayaan Lingga”. Ini bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Lingga dan mengenalkan wisata Lingga kepada masyarakat luas di luar Kabupaten Lingga. Di sini, kita tidak membatasi pesertanya darimana. Dari luar Kabupaten Lingga juga diperbolehkan, tetapi objeknya harus yang ada di Kabupaten Lingga.

Selain itu juga, kita mengadakan lomba pidato untuk pelajar tingkat SLTA sederajat. Tujuan kita adalah untuk mengenalkan hukum kepada generasi muda. Alhamdulillah ini mendapatkan antusias dari kalangan pelajar Lingga. Untuk ini, kita menggunakan sistem yang tidak menggunakan kerumunan massa. Kita sudah membuat jadwalnya dan mengundang pesertanya sesuai jadwalnya.

Selain itu, kita juga menggelar lomba untuk internal, seperti lomba tenis meja, tarik tambang, voli pantai, dan sepeda santai yang kita rencanakan di Pantai Sergang. Itu juga untuk mengenalkan salah satu potensi wisata kita,” papar Kejari Lingga ini.

Imang Job Marsudi juga mengatakan kalau pihaknya juga akan mengunjungi panti jompo dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan.

“Nantinya juga ada kegiatan anjangsana ke Purna Kejaksaan. Kita juga akan ke panti jompo. Kemudian pada hari Senin, 20 Juli nanti, kita akan melaksanakan lomba pidato. Hari Selasa, 21 Juli, ada kegiatan upacara dan pemotongan tumpeng untuk ulang tahun IAD. Hari itu juga kita akan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) sebagai wujud penghormatan kami kepada pahlawan yang telah berjasa untuk menegakkan NKRI ini,” ungkap Imang Job Marsudi.

Terakhir, Kejari Lingga ini menambahkan kalau kegiatan dilanjutkan dengan refleksi diri dan puncaknya akan digelar upacara serta pembagian hadiah bagi pemenang lomba.

“Pada malam harinya kita akan mengadakan acara syukuran atau lebih tepatnya merefleksi diri, terkait apa yang telah kita lakukan satu tahun ini, apakah sudah bermanfaat bagi masyarakat dan apa yang akan kita lakukan ke depannya. Kemudian puncaknya pada hari Rabu, 22 Juli, kita akan melaksanakan upacara yang mungkin akan dilaksanakan secara virtual secara bersamaan seluruh Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah para pemenang lomba,” tutup Imang Job Marsudi.**

Laporan: Mansyur

Sharing