Bupati Hamid : Jangan Matikan Karang Oleh Sampah Plastik

NATUNA – Mencari pahala sebagai ladang amal tidaklah sulit, salah satunya membuang sampah, kita harus senantiasa bersih, Islam mengajarkan itu, karna kebersihan merupakan sebagian dari iman, orang beriman dijamin Allah tempatnya adalah Syorga, hal ini disampaikan Bupati Natuna Natuna Hamid Rizal pada acara penyarahan tong sampah dalam rangka hari sampah se dunia ( WCD Indonesia 2020) di Pantai Batu Kasah Geosite Nasional Natuna Desa Cemaga Tengah Natuna, 19/09/2020.

Lanjut Bupati, sampah merupakan musuh kita bersama, oleh karenanya mari sama-sama kita bersihkan sampah baik sampah kita sendiri maupun sampah yang kita temukan. Bersih itu akan menghadirkan ke indahan, kesehatan, untuk perlu ditingkatkan kebersihan, temasuk tidak membuang sampah pelastik kelaut.

Jika sampah plastik dibuang kelaut akan berakibat matinya karang, sementara karang merupakan rumahnya ikan, tentu ikan akan memakan sampah pelastik yang mengandung racun, sementara kita makan yang didapat dari karang itu sendiri, sudah barang tentu kita ikut mengkonsumsi ikan yang makan plastik, tentu pula kurang baik untuk kesehatan, terang Hamid.

Dalam laporan Kepada Dinas Lingkungan Hidup Boi Janarko menyampaikan, kegiatan ini diberi tema, “pilah sampak secara bersama dalam rangka hari bersih se dunia (world clean up day) “. Kegiatan ini kami laksanakan di geosite-geosite, diantaranya geosite Gunung Hiyu di Ceruk, Geosite Pantai Batu Kasah dan Mekar Jaya.

Harapan kami kepada pengunjung, “ dalam membuang sampah hendaknya bisa memilahkan sampah organic dangan sampah pelastik”.

Pemisahan ini diperlukan agar sampah plastic bisa didaur ulang, pendauran ulang bukan saja bisa menghasilkan rupiah juga akan menyalamatkan dari kerusakan tanah.

Giat yang dihadiri oleh Pejabat Sekda Natuna Hendra Kusuma, Camat Bunguran Selatan Faisal,Jajaran Dinas Lingkungan Hudup, Kades Cemaga Tengah Zaidan, Darma Wanita Kecamatan Bunguran Selatan Nelayan Cemaga Tengah.**

Laporan: Fadil

Sharing