Hamid : Untuk Menyelamatkan Orang Lain Perlu Keterampilan khusus

NATUNA – Berbicara tentang pelatihan berarti kita berbicara tentang cara meningkatkan kemampuan serta ilmu bagi setiap orang yang bertugas sebagai penolong agar kemampuan nya lebih meningkat, karena seseorang yang bertugas sebagai penyelamat harus mempunyai keterampilan yang lebih guna menyelamatkan nyawa seseorang, hal ini disampaikan oleh Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M. Si, dalam acara pembukaan pelatihan bagi potensi sar, di Hotel Natuna, 26/10/2020, senin pagi.

“Saya mengharapkan bagi peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan untuk mengikutinya dengan serius, kalau tidak tahu tanya, jangan malu untuk bertanya tentang hal apa saja yang harus kita persiapkan sebelum melakukan kegiatan penyelamatan”, ungkap Hamid.

Untuk mencegah penyebaran wabah virus Covid 19 maka panitia kegiatan pelatihan potensi SAR menerapkan protokol kesehatan Covid 19 secara ketat seperti mewajibkan kepada setiap peserta untuk mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak aman, serta pengecekan suhu tubuh bagi setiap peserta sebelum memasuki ruang pelatihan.

Dalam kegiatan yang sama Kepala Basarnas Mexianus Becabel, S. Sos. M. M. menyampaikan ,” Melalui pelatihan potensi Sar ini kita harapkan untuk peningkatan solidaritas dan integritas bagi seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini, serta untuk memperkuat potensi pencarian dan pertolongan yang memiliki pengetahuan serta keterampilan tentang teknik-teknik pertolongan di air”.

Lanjut nya, meningkatkan kemampuan personil kantor sar Natuna guna melaksanakan operasi SAR, khusus untuk para peserta agar mampu menjelaskan dan melaksanakan teknik-teknik dasar sebagai penolong pertama pada suatu kecelakaan serta mampu mengoperasikan perahu karet.

Sementara, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan potensi SAR untuk kali ini berjumlah lebih kurang 21 orang peserta yang terdiri dari unsur TNI, Polri, serta unsur organisasi masyarakat. Pelatihan teknik pertolongan di permukaan air (Water Rescue) bagi potensi SAR Natuna dimulai dari tanggal 26-28 Oktober 2020, hari pertama di laksanakan di Hotel Natuna, hari kedua di aula kantor Basarnas dan penutupan akan dilaksanakan di pantai piwang sekaligus pelaksanaan ujian bagi peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan potensi SAR ini.

Kegiatan pelatihan Potensi SAR  ini juga dihadiri oleh OPD, FKPD, serta tamu undangan lainnya.**

Laporan : Irwanto/R02

Sharing