TMMD Natuna Tunjang Geopar Nasional Natuna

NATUNA – Tanpa adanya bantuan dari Pemkab dan masyarakat, TMMD ini tidak akan bisa berjalan. Karena kami Tentara ini hanya punya tenaga, ibaratnya kami hanya sebagai pekerja. Kegiatan merupakan shering dengan pemkab Natuna yaitu untuk makan minum dari Mabes, sementara anggaran fisiknya merupakan bantuan dari Pemkab Natuna,” disampaikan oleh Komandan Korem 033/WP, melalui Kepala Staff Korem 033/WP, Kolonel (Inf) J. Lumbantoruan, S.Sos, M.Si, pada acara pembukaan pelaksanaan Pra program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun anggaran 2021 diwilayah Kodim 0318/Natuna, Rabu (17/02/2021) siang.

“Program TMMD ini diyakini dapat membuat suatu daerah cepat maju dari sektor pembangunan, namun demikian, TMMD tidak akan bisa terlaksana, tanpa adanya peran serta dari Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat,” jelas J Lumbantoruan.

Pemkab telah menganggarkan untuk kegiatan ini sebesar Rp 800 juta, untuk perkerjaan yang bersipat kegotong royongan dengan melibatkan tiga matra TNI, baik Angkatan Darat, Laut dan Udara Serta Polri, sampai Lumbantoruan.
.
Dalam kesempatan yang sama Komandan Kodim 0318/Natuna, Letkol (Arm) Asep Ridwan, SH.M.Han., bahwa dalam pelaksanaan TMMD kali, pihaknya akan melaksanakan kegiatan sasaran fisik dan non fisik. Untuk fisiknya, berupa pembukaan jalan dari Dusun Sebayar Desa Sungai Ulu Kecamatan Bunguran Timur menuju ke Desa Selemam Kecamatan Bunguran Timur Laut, sepanjang kurang lebih 2 kilometer dan lebar sekitar 9 meter.

Kemudian untuk sasaran non fisiknya, yaitu penyuluhan ikan air tawar, penyuluhan lingkungan hidup, penyuluhan pertanian, penyuluhan ketahanan pangan, pencegahan dan penanggulangan bencana alam, penyuluhan narkoba, penyuluhan hukum tentang UU ITE, wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan radikalisme dan faham komunis, sosialisasi Geopark Nasional Natuna, penyuluhan kesehatan, penyuluhan KB dan penyuluhan koperasi.

“Sasaran tambahan, akan mendorong dan membantu Dinas Pariwisata Natuna, agar Geopark Natuna dapat diakui oleh UNESCO Global Geopark (UGG),” jelas Asep Ridwan.

Berhubung cuaca di Kabupaten Natuna saat ini kondisinya tidak menentu, maka pihaknya akan melaksanakan pekerjaan TMMD ini 15 hari lebih awal sebelum acara pembukaan.

“InshaAllah TMMD ini akan dibuka pada tanggal 2 Maret, dan ditargetkan selesai pada tanggal 31 Maret tahun 2021,” terangnya.

Asep Ridwan mewakili Kodim 0318/Natuna juga memohon do’a dari Korem 033/WP, Pemda dan Masyarakat Natuna, demi kelancaran pelaksanaan TMMD, hingga mencapai target 100 persen sesuai harapan.

“Semoga apa yang kami persembahkan ini dapat memberikan manfaat bagi Pemerintah Kabupaten Natuna dan masyarakat, khususnya masyarakat di Desa Sungai Ulu dan Selemam,” harap Dandim.

Untuk memulai kegitan ini diadakan doa tepung tawar, dipimpin langsung oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Natuna, H. Wan Zawali.

Turut hadir dalam pembukaan Pra TMMD tersebut, Bupati Natuna diwakili Kadis PUPR, Helmi Wahyuda, beserta sejumlah OPD lainnya, Kapolres Natuna diwakili Wakapolres Kompol Wisnu Edhi Sadono, Kapolsek Bunguran Timur Kompol M. Sibarani, Danramil 01/Ranai Mayor (Inf) Narta, para Pasi dan anggota Kodim 0318/Natuna, Kepala Desa Sungai Ulu Harmanto, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, mahasiswa STAI Natuna serta tamu undangan lainnya. **

Laporan : Wahyudi#R02

Sharing