P3AP2KB Sosialisasikan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Natuna-Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) melakukan Sosialisasi Pendataan Keluarga Tahun 2021 yang di laksanakan di aula Hotel Natuna Jl. H.R Soebrantas pada Selasa (23/02) pagi.

Pendataan Keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia. Sesuai dengan Undang-undang No. 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah No. 87 Tahun 2014 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga

Kepala Dinas P3AP2KB Dr. Rika Azmi, S.TP, MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendataan keluarga (PK) ini sempat tertunda “Seharusnya pendataan sudah dilakukan pada tahun 2020 namun karena wabah Covid19 maka di undur menjadi tahun 2021”

“Sosialisasi pendataan Keluarga Tahun 2021 bertujuan untuk memberikan gambaran kepada keluarga yang akan di data nanti. Proses pendataan rencananya akan dilaksanakan mulai 1 April sampai dengan 1 Mei mendatang,” tambahnya.

PK berbeda dengan sensus penduduk karena. PK hanya berfokus pada pengumpulan data seputar keluarga saja. Pada nantinya data yang diperoleh akan dimanfaatkan pemerintah untuk di jadikan sumber perencanaan, intervensi program KB, dan pengendalian penduduk Kabupaten Natuna.

“Selanjutnya kita akan melaksanakan Bimbingan Teknis terkait Pendataan Keluarga yang akan di laksanakan pada tanggal 23-25 Februari mendatang. kegiatan pendataan keluarga (PK) ini sepenuhnya berada di bawah tanggung jawab dinas P3AP2KB,” tambah Dr. Rika Azmi

Turut hadir Asisten Pemerintah I Budi Darma, OPD pemerintah daerah Kabupaten Natuna dan juga tokoh masyarakat.

Laporan : Wahyudi#R02

Sharing