Marlin : Kades Jangan Terjebak Oleh Dana Desa

Natuna– Camat dan Kepala Desa merupakan ujung tombak pemerintah dalam menyampaikan programnya kepada masyarakat, agar mendapat kepercaan dari masyrakatnya maka dalam pengelolaan keuangan hendaknya akuntabel, disampaikan Wakil Gubernur Provinsi Kepri Hj. Marlin Agustina pada acara silaturrahmi bersama camat dan Kades di rumah makan Sisi Basisir (01/04/2021.

Lanjut Marlin, Para Camat dan Kades merupakan ujung tombak pemerintah dan menjadi suriteladan bagi masyarakat, oleh kerenanya para Kades jangan terjabak oleh banyaknya dana Desa, sehingga dalam pengguanaannya memerlukan perancanaan, kegiatan dilaksanakan sesuai perencanaan hingga pelaporan keuangan harus akuntabel.

Natuna memiliki potensi alam luar biasa jika dikembangkan secara baik, diantranya sector pariwisata. Kita perlu belajar dari Batam dalam pengelolaan dalam pengelolaan pariwisatanya, sehingga mampu menyumbang devisa nomor dua Setelah Bali, tutup Marlin.

Diawal Silaturrahmi Wakil Bupati Natuna Hj, Ngesti Yuni Suprapti, M.A. menyampaikan kepada Wakil Gubernur Kepri “ Natuna terdiri dari pulau-pulau yang dikelilingi oleh lautan yang berbatas langsung dengan Negera lain, kemudian jauhnya rentang kendali Natuna dengan Tanjung Pinang alangkah indahnya jika Kepri Melepas Natuna Untuk menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi.

Masih ada ruas jalan yang merupakan kewenang Provinsi, seperti ruas jalan Batubi Kelarik masih perlu penyelesaain secara cepat, agar roda perekonomian dan arus transfortasi menjadi lancer. Disamping itu masih banyak pembangunan yang perlu diujudkan oleh perovinsi, hal ini karena pendapatan asli daerah Natuna makin berkurang, seiring dengan beralihnya kewenangan dari Kabupaten ke Provinsi, seperi kewenangan laut, hutan dan galian yang pajaknya beralih ke Provinsi juga, tutup Ngesti.

Laporan : Irwanto#R02

Sharing