Natuna Geopark Nasional Diujung Utara

Natuna merupakan daerah strategis diujung utara Indonesia, beraneka ragam kekayaan yang dimilikinya, mulai dari migas, kekayaan laut, geologi, budaya dan kekayaan benda lainnya. Sehingga pemerintah pusat menetapkan Natuna sebagai Gopark Nasional pada tanggal 30 November 2018, disampaikan Wakil Bupati Natuna Hj.Dra. Ngesti Yuni Suprapti, MA pada vidcon FS dan KKDN Pasis Digreg-59 Sekolah Setaf dan Komando Ankatan Laut (SESKAL) di Ruang Rapat Bupati Natuna, jln. Bukit Arai Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau, 20/04/2021.

Lanjut Ngesti, Kabupaten Natuna adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia yang merupakan wilayah kepulauan paling utara di selat Karimata. Di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, di selatan berbatasan dengan Sumatra Selatan dan Jambi, di bagian barat dengan Singapura, Malaysia, Riau dan di bagian timur dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat. Natuna berada pada jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan.

Masih Ngesti, hamparan batu granit yang menjulang tinggi membuat Natuna terkosohor sehingga pemerintah menetapkan sebagai Geopark Nasional, tentu penungjang lain menyertainya, seperti budaya daerah dan satwa langka yang elok dipandang yaitu kekah. Juga masuknya Natuna sebagai kawasan geopark karna kekayaan hayatinya yang berlimpah baik didarat maupun perairan.

Potensi hayati ini bisa dilihat, budidaya ikan laut mencapai 6.021Ha atau 90.137 ton per tahun, budidaya ikan air tawar 22Ha atau 2.807 ton per tahun dan budidya ikan air payau 507Ha 11.851 ton pertahun.

Di ruangkerjanya, Ngesti menyampaikan kepada media ini “ untuk diterimanya Natuna sebagai Unisco Global Gepark (UGG) tidaklah terlalu sulit, lintas organisasi perangkat daerah (OPD), pemerintah Provinsi dan Pusat perlu bersinergi memenuhi para sarana minimal dalam persyaratan untuk terdaftar di UGG”.

Namun ketersedian prasarana dasar sebuah geosite baru tersedia di Geosite Batu Kasah, oleh karena kita perlu penggesaan untuk melengkapinya guna diterima di UGG, Natuna **

Laporan : Fadil

Sharing