Geopark Nasional Natuna Segera LoI Di UGG

Natuna– BP Geopark Natuna sedang mempersipkan diri untuk mendaftarkan Geopark Nasional Natuna ke Unesco Global Geopark (UGG) dengan segala persiapan, untuk tahap awal BP Geopark akan mengajukan permohonan kepada UGG yang diagendakan pada bulan juli 2021 ini, disampaikan sekretaris BP Geopark Nasional Natuna Kardiman, bertempat di ruang kerjanya Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna Komplek NGU, 26/04/2021.

Lanjut Kardiman, Geopark Natuna yang telah berstatus sebagai Geopark Nasional sejak tahun 2018 telah direncanakan untuk diajukan sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp) pada tahun 2019, namun dengan alasan internal Letter of Inten (LoI) dengan UGGp akan dilaksanakan pada bulan juli 2021.

Adapun alasan pengajuan Geopark Natuna sebagai UGGp dilatarbelakangi oleh alasan yang bersifat ganda dan strategis, yakni untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dan memperkokoh international standing dari kedaulatan Indonesia di perairan Natuna.

Masih Kardiman, Senin 29 Maret 2021 lalu Pemerintah pusat melalui Kementerian Luar Negeri(Kemenlu) RI melakukan telah dengan meninjau kembali kesiapan geosite-geosite Geopark Nasional Natuna yang akan didaftar ke UGGp.

Hadir dalam kunjungan kerja ini, Dekan Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran Prof. Mega Fatimah Rosana dan ikut serta Pejabat Kemenlu Direktur Sosial Budaya dan OINB Penny D. Herasati, Direktorat Sosial Budaya dan OINB , Direktorat Sosial Budaya dan OINB, Kasubdit Gita Loka, Pejabat Fungsional Diplomat Murti, Elvie Indayani dan Arief Rachmat Hidayat, juga hadir Ketua BP Geopark Natuna M. Sanjaya, Kadis Parbud Natuna Hardinansyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boy Wijanarko, Camat Bunguran Selatan Faisal.

Dari 20 geosite yang akan didaftar ke UGGp, untuk sementra akan dioftimalkan 5 geosite terlebih dahulu, sebagai jumlah minimal geosite dalam persyaratan pendaftaran di UGGp, tutup kardiman.

Wakil Bupati Natuna saat dijumpai Kepri Pos diruang kerjanya membenarkan keinginan pemerintah pusat untuk mendaftar Natuna sebagai Unesco Global Geopark, tentu keingan pemerintah pusat harus disambut baik oleh pemerintah Kabupaten Natuna.

“Suatu harapan besar Natuna bisa didaftarkan di organisasi pendidikan dunia (UNESCO-red), ini bukan saja bisa dikenal diseluruh dunia dengan geoparknya, akan tetapi geowisatapun akan berjalan maksimal, tentu akan membantu meningkatkan social ekonomi masyarakat”, ungkap Wakil Bupati Natuna.**

Laporan : fadil#R02.

Sharing