Wakil Bupati : Nelayan Bagan Dan Nelayan Bilis Rembuk Zona Tangkap

Natuna– Keberadaan nelayan mempergunakan alat tangkap bagan menjadi keluhan dari nelayan yang mempergunakan tangguk ikan teri (bilis-red).

Wakil Bupati Natuna kepeda kepripos.id menyampaikan, solusi terbaik bagi nelayan mempergunakan alat tangkap bagan ataupun tagguk perlu bermusyawarah sesamenya untuk menentukan zona tangkapan masing-masing, disampaikannya di ruang kerja Wakil Bupati.( 05/07/2021).

Kenapa perlu disapakati area tangkap, lampu sorot alat tangkap bagan memiliki pencahayaan ang tinggi, jika sinar cahaya lampu sampai ke aerea tangkap ikan bilis sudah barang tentu ikan akan berpindah mendekati lampu bagan, terang Rodial.

Kami selaku pemerintah daerah terus memantau perkembangan ini, agar ekonomi masyrakat secara keseluruhan bisa berjalan dengan baik. Namun pemerintah tidak bisa mengatur secaera langsung karena Kabupaten tidak ada kewenangan atas laut, jelas Rodhial.

Alangkah baiknya lagi jika pemodal (pengusaha-red) tidak secara langsung menangkap bilis, pengusaha tetap sebagai pengusaha yaitu menampung tangkapan nelayan, artinya sesame perlu berbagi, tutupnya.**

Laporan : Aulia

Sharing