Pro Kontra Saol  Tes Swab Antigen Massal Warga Batam

BATAM – Soal rencana walikota Batam melakukan Tes swab massal kepada warganya terjadi pro kontra. Bagi yang Pro menyebutkan bahwa langkah itu tujuannya bagus untuk mengetahui siapa saja warga yang terpapar. Bagi warga yang kontra menyebutkan soal tingkat akuratnya alat tes tersebut masih diragukan dan ini dapat menakuti warga itu sendiri karena di Positifkan karena alat tes tidak akurat.

Menurut Walikota Batam, rencana tes antigen massal ini akan dilakukan di tingkat kelurahan untuk masing-masing kecamatan di Kota Batam. Hal ini akan mampu menekan angka kasus COVID-19. Karena akan lebih mudah di pantau dan ditracing.

“Saya berharap masyarakat dapat menyukseskan kegiatan ini dan menepis segala kabar bohong (hoaks) yang menggiring program tersebut”, ungkapnya.

Keterangam Wali Kota Batam, bahwa untuk mendukung program ini akan menyiapkan rumah susun (rusun) sebagai tempat isolasi pasien COVID-19, yakni Rusun BP Batam dan Asrama Haji. Jika ada yang positif keluarganya akan kita angkut dan sudah kita siapkan tempatnya, ujar Walikota.

Rencana kebijakan ini menuai tanggapan beragam dari beberapa kalangan. Rasa takut dan was-was menjadi perbicangan hangat dikalangan masyarakat. Warga masih meragukan tingkat akurasi alat tes tersebut.

“Jika alat menyebutkan positif, maka kami akan diisolasi. Lantas bagaimana nasib anak dan istri saya, siapa yang mau kasih makan, ” ujar Iwan wagra Sei Panas (31/7).***

Laporan: Zainul

Sharing