Sampah Menjadi Penyebab Penyakit Karang Bahkan Mati

Natuna – Salah satu penyebab matinya karang, dikarenakan adanya limbah pelasitik yang tertumpuk dikarang yang akan menyebab terumbu karang berjamur dan pada akhirnya mati. Sementra karang merupakan tempat keberlangsungan hidup biota laut seperti ikan.

Pontensi alam laut seperti terumbu karang perlu dijaga, karna disana tempat nelayan mendapatkan ikan dan sumber ekonomi bagi nelayan dan pegiat wisata bahari, disamapaikan Beginer Subhan dari biorock Indonesia sebagai narasumber konservasi terumbu karang dalam Kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta, 07/08/2021.

Lanjut Subhan, untuk konservasi (transpalantasi) terumbu karang kita harus memilih karang sesuai dengan karekteristik lokasi laut yang akan ditanami karangnya. Karna ada karakteristik karang yang bisa dikoservasi di laut dangkal, juga yang hanya bisa dilaut dalam.

lanjut Subhan dalam pemaparannnya, konservasi terumbu karang itu mudah, asalkan rutin dalam merawatnya, seperti membersihkan karang dari sampah pelastik.

Agar karang bisa tumbuh dengan baik perlu dibikin medianya terlebih dahulu sebagai tempat pembibitan, jika sudah tumbuh dan besar baru dipindahkan ketempat yang diinginkan.

Juga medianya langsung dibentuk sedemikan rupa bak sebuah taman, kemudian karangnya diikat di media tersebut. Cara ini akan membentuk panorama alam bawah laut yang bisa memberi daya tarik untuk wisata bahari.

Pemaran ini disampaikannya secara virtual kepada 29 Peserta KKN UGM Jogajakarta dan 11 peserta lainnya.

Humas Mahasiswa KKN UGM Marchelina kepada Kepri Pos samapaikan, tema koservasi terumbu karang diangkat sebagai upaya untuk pemeliharaan dan pengembangan alam di Pulau Natuna. Webinar ini dibuka kepada umum juga, supaya mampu memberi wawasan kepada masyarakat untuk melindungi dan mengembangkan sumber daya alam laut yang alami.

Tujuan utama diadakan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan wisata alam yang ada di Natuna sebagai upaya pemeliharaan dan pengembangan alam, khususnya pada laut, guna menarik minat wisatawan. Juga untuk memberikan wawasan kepada masyarakat untuk melindungi dan mengembangkan sumber daya alam laut yang alami.**

Laporan: Aulia

Sharing