Gesa Pembangunan Infrastruktur Kepri, Gubernur Datangi PT. SMI

Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad mendatangi kantor PT. Sarana Multy Infrastruktur (SMI) di Jakarta, Selasa (24/8) guna mencari stimulasi dana alternatif guna menggesa pembangunan infrastruktur di Kepulauan Riau.

Menurut Gubernur, hal serupa sudah banyak dilakukan oleh banyak Provinsi di Indonesia. Bahkan pemerintah kabupaten dan kota juga melakukan hal yang sama.

“Kita berupaya mencari sumber pembiayaan alternatif pembangunan infrastruktur di Kepri. Tujuannya agar pembangunan tetap jalan dan pembiayaan Covid-19 juga tidak terganggu. Banyak Provinsi di Indonesia melakukan hal serupa. Ini sangat membantu sekali dalam menunjang pembangunan infrastuktur di daerah,” kata Gubernur.

Dalam kunjungannya ke PT. SMI (Persero) ini Gubernur dan rombongan diterima langsung oleh Direktur Utama PT. SMI (Persero) Edwin Syahruzad, didampingi Kepala Divisi Pembiayaan Publik Erdin Darma Putra, Team Leader Pembiayaan Publik Ahmad Iskandar dan Joan Juliadi serta Relationship Manager Febriyan Anidyah.Sarana Multi Infrastruktur (Persero) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan infrastruktur. Didirikan pada 26 Februari 2009. Merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang seluruh modal sahamnya dimiliki oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan.

PT SMI didirikan dengan mandat menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pelaksanaan mandat tersebut bermuara pada dua tujuan utama yaitu mengoptimalisasi manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat dan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) serta mitigasi perubahan iklim.

Dalam menjalankan perannya dan mengembangkan bisnisnya, PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu, yakni Pembiayaan & Investasi, Jasa Konsultasi, dan Pengembangan Proyek.

“PT. SMI ini merupakan perusahan BUMN dibawah naungan kementerian Keuangan yang bisa menjadi partner pemerintah dalam membantu membiayai infrastruktur dengan skema pinjaman lunak,” ujar Gubernur lagi.

Dalam situasi seperti saat ini, dimana sektor perekonomian sedang diterpa badai pandemi Covid-19 dan berpengaruh terhadap pemasukan keuangan daerah, maka menurut Gubernur sudah seharusnya setiap pemerintah harus melakukan inisiatif melalui terobosan-terobosan dalam membiayai pembangunan infrastruktur bagi masyarakat.

“Situasi sulit yang kita hadapi akibat Covid-19 saat ini, mendorong kita semua untuk berfikir kreatif dalam berbagai kesempatan untuk membuat terobosan-terobosan, termasuk menjalin komunikasi dengan PT. SMI guna menggesa pembangunan infrastruktur di Kepri, saya rasa hal ini sebuah terobosan tepat yang bisa kita lakukan agar pembangunan di Kepri tetap berjalan tanpa mengganggu anggaran bidang lainnya,” tegas Gubernur.* Huspas pemprov Kepri

Sharing