Wabup Lingga Dampingi Dirjen Perbenihan Kementan RI Tinjau P3BTP

Lingga – Kementerian Pertanian terus mendorong peningkatan produksi pertanian baik padi maupun komuditas lainnya yang diharapkan dapat menjadi ujung tombak, ketahanan pangan di wilayah Kepulauan Riau.

Hal ini disampaikan Pelaksana tugas Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Dr. Ir Mohammad Takdir Mulyadi, MM pada kegiatan penyuluhan benih padi, di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Sabtu (21/08/2021).

Dalam sambutannya, Mohammad Takdir Mulyadi kepada masyarakat mengatakan bahwa sesuai arahan Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kementan di bawah kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus mendorong peningkatan produksi produk pertanian, baik itu padi maupun komuditas lainnya, salah satunya adalah Sorgum.

Lanjutnya, Pengembangan Petani Produsen Benih (P3BTP) Berbasis Korporasi ini, diharapkan para petani mampu untuk meningkatkan kapasitas petani dan mensejahterakan petani.

“Kementan terus mendukung kegiatan ini dengan memberikan bantuan, benih tetua, pupuk dan pestisida, hal ini juga akan berhasil jika didukung oleh Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi,” ujarnya.
Kabupaten Lingga diharapkan juga dapat menjadi ujung tombak, ketahanan pangan di wilayah Kepulauan Riau, jika benar-benar fokus dan berhasil menjadi lumbung padi di wilayah kelauatan, pesisir Indonesia ini, tutupnya.

Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy mengatakan, keseriusan pemerintah pada sektor pertanian sudah dimulai sejak pemerintahan Awe-Nizar, meskipun belum memperoleh hasil maksimal, namun berbagai upaya yang dilakukan dengan melibatkan pemerintah pusat diharapkan sektor pertanian dapat menjadi andalan untuk pemulihan ekonomi pasca COVID-19.

“Tentunya kedatangan Dirjen perbenihan ini, memberikan harapan dan semangat kepada masyarakat petani khususnya petani sawah, di Kabupaten Lingga, yang sudah lima tahun yang lalu kita mulai,” ujarnya.

Laporam : Nazili

Sharing