Bangun Ekonomi Masyarakat Desa Lewat Pariwisata

Natuna, (kepripos.co.id).-

Faktor ekonomi menjadi menentukan lajunya perkembangnan sebuah desa. Pembangunan yang dimulai dari desa merupakan terobosan yang harus menjadi perioritas utama semua Pemerintah Daerah dan Pusat. Banyak potensi daerah yang dapat digali dengan memberdayakan masyarakat Desa.

Ekonomi masyarakat desa bisa ditingkatkan melalui sektor pariwisatamenjadikan Desa Wisata seperti yang telah dilakukan Desa Cemaga Tengah kabupaten Natuna. Lewat Kepala Desa memberdayakan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama membangun ekonomi rakyat dengan mengembangkan desa wisata.

Menurut Kades Cemaga, bahwa desanya saat ini lagi mengembangkan ekonomi disektor pariwisata desa. Hal ini disampaikan pada acara serah terima aset Desa Cemaga Tengah kepada BUMDes Indah Jaya di balai desa setempat. Harapan tersebut tentunya mengharapkan dukungan dari masyarakat membentuk desa wisata di Cemaga Tengah.

Seruang dan himbaun dikeluarkan oleh Kades kepada seluruh RT/RW di lingkungannya untuk mengadakan bersih bersih kampung setiap pagi jumat, agar desa wisata tetap tampak bersih. Program Desa ini mendapat dukungan dari pihak badan musyawarah desa selaku Ketua BPD M Raus dan Direktur BUMDes Abdillah serta dapat dukungan penuh dari Koperasi Nelayan Makmur yang diketuai oleh Abdul Kadir.

Sementara Camat Bunguran Selatan Erwinadi menagatakan bahwa, gagasan Kades Cemaga menjadikan desanya sebagai Desa Wisata akan didukung sepenuhnya, tentunya peranan masyarakat sangat menentuk tingkat keberhasilan program tersebut. Potensi Desa Cemaga dengan ke indahan alamnya jika dikelola dengan baik tentu akan berdampak pada perekonomian masyarakat setempat. Makanya mari kita jaga lingkungan agar tetap bersih, asri dan keramahan pendudukan kepada wisatawan yang datang agar tingkat kunjungan wisata semangkin naik. Kawasan-kawasan wisata Cemaga Tengah seperti objek wisata Batu Kasah, Batu Madu, Batu Minang dan Air Bangau harus dijaga kebersihannya, ujar camat.

Selanjuntnya, Kadis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Natuna, bahwa apa yang menjadi keinginan warga desa Cemaga kami sangat mendukung. Program bersih-bersih yang melibatkan warga sangat lah baik dan harus berkelanjutan. Saya yakin pada akhirnya kegiatan ini dikerjakan secara bersama sama masyarakat disuatu saat desa Cemaga Tengah nanti akan menjadi desa wisata. Apa lagi saat ini dari jumlah kunjungan wisata ke objek wisata terus meningkat, dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan baik domistik maupun manca negara tertu akan seiring dengan peningkatan ekonomi masyarakat, ungkap Erson kepada kepri pos.**

Laporan: Widya/Natuna*

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *