Desa Perlu di Inovasi Menuju Masyarakat Sejahtera

Natuna,(Kepripos.co.id)-

Pembanngunan yang dilaksanakan di Desa perlu diselaraskan dengan pilar pembangunan Kabupaten Natuna, hal ini disampaikan Kadis DMPD Kabupaten Natuna pada acara Sosialisasi P2KTD dan Rakor TIK di Aula Hotel Natuna, 12/09/2018.

Dalam kesempatan itu Kadis DMPD Indra Noni menyampaikan dari sosialisai ini kita berharap desa memiliki pradikma baru yaitu Desa membangun, keberhasilan desa membangun selama 4 tahun terakhir cukup siknipikan, terutama pembangunan inprastruktur pisik.

Pembangunan inprasruktur pisik yang berhasil dibanguan melalui dana desa tahun 2017 dibeberapa Desa meliputi,jalan desa sepanjang 12.2 km, tambatan perahu 1.687 meter, jembatan 589 meter, derainase 5.164 meter, TPT 3.798 meter, pemecah ombak 694 meter, pos yandu 1 unit, PAUD 1 unit, saluran air bersih 1.100 meter dan 35 unit sapras lainnya, terang Joni.

Kegiatan ini diharapkan kepada Pendamping Inovasi Desa ( PID,red) bisa menggali potensi desanya masing masing yang nantinya akan dijadikan sebuah bursa potensi desa guna sebuah inovasi desa, harap Joni.

Dalam acara yang sama Satker Inovasi Desa Provinsi Kepri Rosita, berharap bursa inovasi desa bisa terangkat, namun kegiatan bursa inovasi dilaksanakan pada akhir tahun sehingga sulit untuk masuk diperancanaan desa ( RKP ) tahun 2018 guna pengesahan APBDes 2019, sehingga bisa dimasukkan pada RKP 2019 untuk keperluan APDes 2020.

Muhammad Fadili Azhari dalam sambutannya selaku ketua pelaksana menyampaikan, kegitan ini di ikuti 72 peserta, diantaranya 27 orang dari Tim Inivasi Kabupaten merupakan pejabat eslon III dan IV OPD, perguruan tinggi dan LSM, selajutnya 30 orang dari Tim Pelaksana Inovasi Desa , kemudian 15 orang dari pendamping desa dengan nara sumber Kadis DPMD Natuna, Ahli Madya program inovasi Desa provinsi Kepri dan Tenaga Ahli Kabupaten.

Kegiatan puncak bursa Inovasi desa Kabupaten Natuna direncanakan akan dilaksanakan pada akhr bulan September menghadirkan kepala desa dan BPD se Kabupaten Natuna. Kegiatan tersebut akan tergambar potensi masing masing desa.*

Laporan : Fadil

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *