Hamid Rizal Promosikan Potensi Investasi Natuna di Eropa

Natuna, (Kepripos.co.id)-

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal mendapatkan kehormatan sebagai satu-satunya perwakilan daerah di Indonesia untuk memaparkan potensi daerah dalam rangka promosi investasi pada kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Investasi dan Ekonomi diwilayah Eropa.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC) London yang merupakan bagian dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini diselenggarakan di Hotel Schweizerhof, Bern, Swiss dari tanggal 24 sampai 27 Juli 2018, dihadiri oleh 35 perwakilan perwakilan KBRI dibidang Investasi dan Ekonomi dari negara-negara wilayah Eropa.

Duta Besar LBBP RI untuk Swiss, YM. Profesor Muliaman Hadad, P.hD ketika membuka kegiatan ini secara resmi menerangkan bahwa dinamika isu ekonomi dunia saat ini mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh berbagai kebijakan politik yang diambil oleh AS terhadap negara seterunya RRC.

Untuk itu, seluruh LBBP RI melalui rapat koordinasi investasi dan ekonomi kali ini juga harus menetapkan berbagai kebijakan strategis sebagai langkah nyata dalam menyikapi hal diatas, karena dikhawatirkan baik secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada perekonomian Indonesia.

Dalam sesi Pemaparan Potensi daerah, Bupati Natuna menjelaskan bahwa Kabupaten Natuna memiliki berbagai potensi yang memiliki nilai ekonomis tinggi yang dapat dilihat dari kondisi geografis yang sangat strategis.

Ditinjau dari luas lautan yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Natuna dan berada pada Jalur Laut Kepulauan Indonesia 1, Sektor maritim maupun perikanan memiliki potensi besar namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal mengingat berbagai batasan, baik kewenangan maupun belum adanya keterlibatan pihak swasta yang berniat untuk menanamkan modal pada sektor tersebut.

Selain dari itu, dijelaskan pula bahwa kondisi destinasi wisata yang ada juga dinilai mampu bersaing dengan berbagai destinasi wisata yang sudah mendunia saat ini, namun diakui masih terdapat berbagai fasilitas yang terus dilakukan pembenahan untuk meningkatkan pelayanan.

Untuk itu, Hamid Rizal merasa sangat bersyukur atas undangan keikutsertaan dalam kegiatan ini, sebagai salah satu peluang bagi mempromosikan potensi daerah di Kabupaten Natuna, sekaligus berharap kedepan pihak swasta berminat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang pada gilirannya dapat memberikan pengaruh positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia pada umumnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Natuna didampingi oleh Kepala BP3D, Kepala Dinas Perikanan dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Natuna sebagai pendukung penyaji bahan informasi pemaparan promosi daerah
.

Di ruang rapat I Bupati, Sekda Siswandi didampingi Kabag Humas dan Kabag Tapem menyampaikan kepada awak media ( 25/07/2018 ), keberangkatan Bupati dan rombongan atas undangan BKPM Jakarta guna mempersentasikan potensi Natuna di Sewiss, sudah mendapat izin dari Guberner Kepri, Mentri Dalam Negeri dan Sekretariat Presiden.

Seyogyanya Dinas Pariwisata ikut serta mendampingi Bupati, dikarenakan saat ini dinas pariwisata ada gawe besar (Fun Touristic Fetival, red), sehingga mendampingi Bupati hanya dua kadis, Kepala BP3D dan Kasi Penghubung Antar lembaga serta Istri Bupati.
Laporan : Fadil / Humas_Pro/Def)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *