Indonesia Belum Berdaulat di Udara Sendiri

Natuna merupakan daerah strategis yang setiap hari dilewati oleh kapal laut maupun pesawat udara namun Natuna dapat apa.

Pesawat udara yang melintasi udara Natuna setidaknya ada 350 pesawat setiap harinya, hal ini disampaikan oleh komandan LANUD Raden Sajad Ranai kolonel Azhar A.D pada jumpa pers di bandara Raden Sajad, Rabu (31/01/2018).

Natuna merupakan daerah strategis dan merupakan alur lintas udara yang begitu padat, setidaknya ada 350 pesawat yang melintasi udara Natuna setiap harinya namun sampai saat ini pengatur navigasinya masih dikuasai oleh Malaysia dan Singapura, terang Azhar.

Disisi lain, radar kita ( LAUD Raden Sajad ) meliki kemapuan sebagai navigator, hanya saja hak untuk itu belum dimilki. Oleh karenanya Azhar berharap pemerintah melalui PBB yang menangani bidang itu bisa memberikan hak kepada kita sebagai navigator.

Hal ini diperlukan bukan saja merupakan pendapatan bagi Negara juga ada hak Natuna dari pendapatan tersebut, labih dari itu Indonesia berdaulat atas udaranya sendiri, anjut Azhar.

Disinggung mengenai kesiapan bandara Raden Sajad jika di Jadikan Bandara International. Menurutnya, untuk kesiapan bandara sudah memungkin untuk didarati pesawat berbadan lebar, hanya saja tidak ada satupun maskapai yang berani mendarat disini. Hal ini bukan dikarenakan persoalan bandara namun di Natuna belum ada bea cukainya. Kelengkapan ini perlu dipersiapkan oleh pemerintah agar Natuna bisa disinggahi pesawat komersil asing, harap Azhar.

Tingginya harga tiket penerbangan domistik ke Natuna merupakan sebuah persoalan yang harus dikaji, penetepan harga tiket pesawat tentu berdasarkan penghitungan biaya penyusutan komponen pesawat, bahan bakar, keru badara dan jasa lainnya.

Kita ambil sebuah perbandingan jarak tempuh Jakarta Surabaya dengan Batam Natuna itu sama, harga tiket Jakarta Serabaya Rp. 350.000,-, sementara harga tiket Natuna Batam jauh lebih tinggi dari itu, tutup Azhar.**

Laporan : fadil

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *