Inovasi Desa Kabupaten Natuna Gali Potensi

Natuna,(Kepripos.co.id)-

Desa sudah berinovasi sudah sejak lama, namun perlu ditingkatkan dalam menggali potensi Desa sesuai dengan kemampuan Desa masing masing, hal ini disampaikan oleh Bupati Natuna Hamaid Rizal pada acara pembukaan inovasi desa yang diselenggarakan di Gedung Sri Srindit 26/10/2018.

Bursa inovasi desa yang diikuti oleh Kepala Desa , Ketua BPD dan tokoh masyarakat se Kabupaten Natuna merupakan kegiatan dari Kementerian Desa, kegiatan tersebut bekerjasama antara satker Provinsi Kepri dengan PIK dan PID Kabupaten Natuna.

Dalam sambutannya, Bupati Natuna berharap adanya inovasi Desa, walaupun inovasi sudah lama terjadi di Desa, seperti bikin kuliner Kerna dari ikan tongkol dan tabel mandu dari sagu. Oleh kerenanya bikinlah inovasi sesuai dengan karakter desa masing masing dan sesuai dengan kemampuan desa.

Bupati Natuna Hamid Rizal sempaikan bahwa tantangan, tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Kepala Desa saat ini sangat berat. Para Kades dituntut memberikan laporan secara transparan terhadap pengelolaan Keuangan Desa dan tidak boleh ada kesalahan sedikitpun dalam mengelola keuangan tersebut.

Perlu kita sadari, sampai saat ini dana tunda salur belum dicairkan dari Pemerintah pusat sehingga kamipun ( Pemkab, Red) belum bisa menyalurkan Anggarana Dana Desa tahap IV tahun 2017, singga Desa juga menjadi kesulitan dalam operasional desa.
Usai memberi sambutan, dilanjunkan dengan pemukulan gong oleh Bupati Natuna bertenda resminya dibuka bursa inovasi Desa tahun 2018 di Kabupaten Natuna, kemudian Bupati beserta FKPD dan OPD meninjau stan bursa inovasi Desa.

Kepala Dinas DMPD Indre Joni dalam sambutannnya, inovasi Desa merupakan kearipitasan desa dalam memampaatkan sumberdaya yang ada alam di Desa guna terwujudnya peningkatan ekonomi masyarakat Desa, kesuksesan Desa di luar Natuna kita jadikan bursa guna diadopsi oleh desa – desa di Natuna.

Laporan : Fadil

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *