Jamu Makan Malam Diplomat Asing Natuna Serasa Hawai

Natuna,( Kepripos.co.id)-

Natuna sekarang ini bukan saja berbicara antar Kabupaten, Propinsi namun sudah mendunia, terutama kekayaan alam laut, wisata dan migasnya, hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti pada malam temuramah pemkab Natuna dengan peserta Diklat Fungsional Sekolah Staf dan Pimpinan Kementrian Luar Negeri (SESPARLU) angkatan ke 59 di rumah makan Basir Ranai, 31/082018.

Di hadapan FKPD serta 5 orang diplomat wanita dan 22 orang dari diplomat peria dari berbagai Negara Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprati menyampaikan luas laut Natuna mencapai 90 persen dari luas daratan yang memiliki kekayaan hayati bukan saja bisa dinikmati oleh para nelayan dalam meningkat perekonomian, namun kekayaan hayati laut bisa di nikmati oleh parawisatawan.

Sayangnya, kekayaan hayati laut tidak dimanpaat oleh nelayan kecil Natuna, mereka hanya berorentesi sekedar untuk mencari untuk kebutuhan sehari hari saja, bukan untuk mecari kaya. Sehingga pola pikir seperti ini perlu dirubah, terang Ngesti kepada diplomat asing di bawah koordinasi SESPARLU.

Kekayaan hayati Natuna bukan saja di nikmati oleh nelayan asing, sebagai contoh masih banyak tertangkapnya kapal nelayan asing di laut Natuna, artinya mereka terus menangkap ikan, sambil mengarah perhatiannya ke Lanal. Juga kekayaan laut kita di nikmati oleh nelayan Indonesia yang berasal dari Tegal, Tembilahan dan Tanjung Balai.

Guna penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan asli daerah, kedepan seluruh Nelayan dari wilayah barat Indonesai diwajibkan lakukan proses pelelangan ikan di SKPT Selat Lampa, tutup Ngesti.

Dikesempatan yang sama, guna mempererat tali silaturrahmi direktur SESPARLU Memperkenal diplomatnya kepada audien, diantaranya Yosi dari Vietnam Yosi, Romantico dari Peru Romantico, Tasya Buyana, Fiter dari TIG, Ama dari PG,Laras Bakobis dari Azer Baizan dan Komboja.

Diawali dengan temu ramah dikantor Bupati Natuna, dilanjutkan dengan jumpa OPSPEK STAI Natuna bersema diplomatic senior, kegiatan tersebut disambut oleh ketua STAI Kartubi beserta jajaran dan peserta OPSPEK sekitar jam 16.00-17.46 WIB.

Kemudian tanggal 31 agustus rombongan mengunjungi tempat strategis Kabupaten Natuna. Dari pengamatan diplomat berbagai Negara tersebut, Nutana tidak kalah dengan Hawai disisi wisatanya, Sampai Sang Direktur.

Kemudia Direktur SESPARLU meminta mereka menyebarkan informasi kepada teman temannya diluar negeri tentang Natuna melalui whatsaap, facebook dan lainnya agar Natuna lebih dikenal di Negara luar.///

Lapran : Fadil

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *