Konsultasi Publik RPJMD Kota Tanjungpinang dan Keluarkan 3 Kebijakan

Tanjungpinang, (Kepripos.co.id)-

Dalam rangka mensukseskan program visi dan misi walikota dan wakil walikota yang akan tergambar dalam RPJMD, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Bappelitbang melakukan konsultasi publik rancangan awal RPJMD per-Kecamatan.

Kota Tanjungpinang terdiri dari 4 kecamatan yakni Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kecamatan Bukit Bestari dan Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Menurut Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd yang disampaikan, berharap agar konsultasi publik rancangan awal RPJMD sebelum ditetapkan menjadi RPJMD.

“Kami (Walikota dan wakil- red) akan merealisasikan Visi dan Misi untuk harus di konsultasi Publik agar masyarakat mengetahuinya dengan baik”, ujar walikota.

Konsultasi awal RPJMD ini, Pemerintah akan mengundang para ketua RT / RW, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Disini masyarakat dapat memberikan masukan kepada pemerintah, disetiap pembangunan yang ada di masing-masing kecamatan, jelas Syahrul.

“Kita akan mewujudkan salah satu Visi Misi yakni mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Tanjungpinang, agar Tanjungpinang menjadi kota yang maju, berbudaya, sejahtera,” ungkapnya.

Walikota juga menyampaikan bahwa akan mengeluarkan surat edaran dan akan ditindaklanjuti dengan Perwako kepada seluruh OPD mengenai 3 kebijakan yang harus dilaksanakan yakni: Mendahulukan pembacaan ayat suci Al Qur’an, di setiap acara seremoni. Kedua: dihimbau agar seluruh karyawan/ti dan masyaraka melaksanakan sholat berjamaah, baik di masjid dan musholla yang ada di kantor atau Masjid terdekat. Di wilayah kantor tempat berdinas, dan ini berlaku untuk seluruh umat muslim terutama laki-laki.

Dan yang ketiga, agar disisihkan sedikit penghasilan. Untuk zakat penghasilan, setiap karyawan/ti Pemko Tanjungpinang. Diharapkan, dapat menyisihkan sekitar 2,5 persen gaji kotor selama sebulan. Dengan tujuan, agar kita dapat membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu, ujar Walikota Tanjungpinang.

Artinya, kita tidak terlalu berharap dari dana APBD. Lewat zakat dan cara bergotong royong ini, kita dapat membantu masyarakat tidak mampu yang ada di Kota Tanjungpinang.

Syarul juga menyampaikan bahwa, agar visi misi kami dapat terlaksana dengan baik. Melalui rancangan awal RPJMD ini, tentunya dengan perencanaan yang benar-benar matang dan kita sama-sama berfikir.

“Pembangunan akan dapat terlaksana dengan baik, jika kita saling mendukung dan saling memberi saran”, ujar sang walikota Tanjungpinang.***

Lopora: Boby/Suhaimi.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *