Natuna Terima Sertifikat Geo Park Nasional

Natuna,(Kepripos.co.id)-

Kabupaten Natuna menerima sertifikat Geopark Nasional berama tujuh daerah lainnyanya, sehingga kini Indonesia memiliki 15 geopark Nasional. Penyerahan sertifikat itu langsung diterima oleh Bupati Natuna Drs.Hamid Rizal yang dilakukan di di Geopark Pongkor, Museum Tambang Antam, Kabupaten Bogor,Jumat, 30/11.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyerahan sertifikat pengakuan Status Geopark Nasional kepada delapan pemerintah daerah tempat taman bumi itu berada. Taman bumi yang kini berstatus geopark nasional meliputi Geopark Pongkor di Bogor, Geopark Karangsambung Karangbolong (Kebumen, Jawa Tengah), Geopark Meratus (Kalimantan), Geopark Silokek (Sijunjung Sumatera Barat), Geopark Sawahlunto (Sumatera Barat), Geopark Ngaraisianok Maninjau (Sumatera Barat), Geopark Natuna (Kepulauan Riau) dan Geopark Banyuwangi (Jawa Timur).

Dalam pidatonya Arief menyampaikan harapannya kepada para pemimpin daerah agar menindaklanjuti penetapan taman bumi di wilayahnya sebagai geopark nasional dengan berinvestasi untuk mengelola serta mengembangkannya, menuju kesejahteraan masyarakat dan semakin melestarikan alam.

Di antara Geopark Nasional yang ada di Indonesia, beberapa sudah mendapat pengakuan dari organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO Global Geopark), termasuk Geopark Gunung Batur, Gunung Sewu, Ciletuh dan Gunung Rinjani.

Selain itu, ada empat Unesco Global Geopark sebagai penguat daya saing pariwisata Indonesia di dunia, yaitu Ciletuh Palabuhan Ratu Jawa Barat dengan jumlah kunjungan sebanyak 164.443 wisman. Gunung Sewu yang masuk wilayah Jawa Tengah dengan kunjungan 4.315.000 wisman, Gunung Batur Bali dengan kunjungan 275.000 wisman, serta Gunung Rinjani NTB dengan kunjungan 30.847 wisman.

Kadis Pariwisata Erson Gempa Apriandi kepada media ini menyampaikan, geo site yang ditetapkan sebagai geopark Nasional, katagori pertama, pantai pasir putih yaitu Pantai Sengiap, Pantai Sahi, Pantai Tanjung Datuk dan Pantai Pulau Kambing. Katagori kedua, Plutonik granit yaitu Gunung Ranai, Batu Kasah, Alif Stone, Batu Sindu ( kawasan Senubing ), Katagori ketiga, Pulau pulau kecil, meliputi Pulau Senoa, Pulau Setanau, Pulau Sekatung dan Pulau Akar. Kemudian Katagori keempat, Pematang Pantai Purba, yaitu pantai Sepempang dan Pantai Pengadah.***

Laporan : fadil

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *