Pagelaran Seni Budaya Melayu Natuna

Natuna,(Kepripos.co.id)-

Tari persembahan Serampang dua belas dan tari persembahan perlu dilestarikan, irama musiknya harus sama dan tidak perlu kereasikan, di sanggar sanggar, sekolah sekolah memiliki gerak tari dan irama yang sama gerak tari yang sama, hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraha Kabupaten Natuna H. Seherman pada acara pagelaran Seni Kebudayaan di Gedung Sri Srindit Ranai, 03/11/2018.

Diacara seni Budaya Melayani ini tampak hadir Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Erson Gempa Apriadi, para Kepala Sekolah, guru pendamping.

Nuansa mulayu sungguh terasa tarian yang lemah gemulai dibawakan oleh anak anak TK dan anak anak kelas I SD diiringi oleh irama musik serampang dua belas terasa hasanah budaya melayu tidak terpudarkan.

Kadis Pendidikan dan olahraga Suherman berharap, dalam menari hendaknya memperhatikan tiga hal, yaitu Wiraga, gerak tubuh hendaknya tersampaikan dalam pesan tari itu sendiri, begitu juga dengan wirama, dimana penari penari harus selaras dengan rentak irama dan Wirasa, penari perlu memiliki rasa dari karakter tari itu sendiri, misalnya tari serampang dua belas merupakan tari persembahan tentu kesan senyum menyapa tetamu perlu dinampakkan.

Penari penari Natuna tidak cukup sampai disini saja, jika terus berlatih tentu kita bisa ikut sampai kekancah Nasional, tutup Herman.

Ketua Panitia penyelenggara memperingati Hari Jadi Sanggar Langkadura kepada media ini, Acara ini terlaksana berkat kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dengan Sanggar Langkadura.

Perlombaannya meliputi, tarian Serampang dua belas yang di ikuti siswa kelas III SMP dan kelas I SMA sebanyak 12 peserta, sementara tari persembahan diikuti oleh anak TK dan kelas I SD sebanyak 16 peserta, kemudian Akustik lagu Melayu diikuti oleh umum sebanyak sembilan peser.

Peserta akan diberikan sertifikat, untuk pemenang Pertama akan diberikan Uang pembinaan dan sertifikat, terang Oyoi.

Teristimewa, pada malam pagelaran nanti malam ( sabtu malam – red ) pengunjung yang bernasib baik akan mendapat bingkisan dari panitia.

Laporan : Fadil

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *