Pawai Dan Deklarasi Kampanye Damai Pilwako Tanjungpinang

TANJUNGPINANG (Kepripos.co.id) – Deklarasi Pilkada Damai ketiga, yang diselengarakan oleh KPU Kota Tanjungpinang dilaksanakan pada haru Minggu (18/2/2018) di lagpangan Pamedan A Yani, Tanjungpinang.

Ketua KPU kota Tanjungpinang Robby dalam sambutannya menyampaikan, bahwa para kontestan tidak menggunakan politik uang, tidak rasis (SARA), dan tidak menggunakan hoax (berita bohong), Jangan fitnah jangan sampaikan ujaran kebencian. Karena akan rugikan calon itu sendiri.

Acara Kempanye Damai yang ditandai dengan Deklarasi Damai oleh kedua pasangan calon, Syahrul – Rahma dan Lis – Maya, turut hadir masing-masing Tim Sukses, Parpol Pengusung dan Pendukung serta Penjabat Wako Raja Ariza, Ketua DPRD Suparno, Ketua Panwaslu, Kapolres Tanjungpinang AKBP dan unsur terkait lainnya.

Setelah Deklarasi Damai dilanjutkan dengan Pawai kampanye Damai mengunakan Kendaraan yang dihias dengan atribut partai dan Alat Peraga Kampanye pasangan Calon Pilwako tanjungpinang dengan jumlah 10 kendaraan setiap jalan.

Kendaraan Pawai kampanye damai di urutan paling depan mobil hias KPU dan Rombongan KPU dan Panwaslu. Lalu di ikuti oleh Kendaraan pasangan Calon No.1 Syahrul-Rahma jumlah 10 kendaraan dan belakangnya diikuti oleh Rombongan kendaraan pasangan No.2 Lis-Maya. Sementara Rutenya yang dilalui dari lapangan Pamedan ke arah Batu Hitam, ke jalan Merdaka, Bt. 5 bawah terus menuju Batu 7 lewat RSUD Provinsi- belok ke Bintan Center menuju bt 8 atas ke arah Gedung Muhammadiyah sebelum kembali ke lapangan Pamedan.

Saat di rute jalan Bt.8 atas tepatnya didepan Gedung Muhamadiah Rombongan Kendaraan KPU dan Paslon No. 1 berhenti. Syahrul dan Rahma serta seluruh rombongan turun menuju Mesjid di samping supermarker Al Bhait Tanjungpinang. Untuk menunaikan Ibadah Sholat Zuhur berjemaah dan sebagai Imam nya Syahrul. Usai salat Zuhur, rombongan melanjutkan lagi pawainya sampai finis di Lapangan Pamedan.

Tapi, Saat posisi kendaraan Komvoi Pawai Kampanye Damai di jalan DI Penjahitan KM.7 depan Kantor Camat Tanjungpinang Timur sempat terjadi macet dan terhenti sejenak. Ternyata ada puluhan Massa mengunakan alat Peraga Kampanye berupa Spanduk merapat ke jalan sampai masuk separuh jalan raya tersebut meneriaki rombongan Pawai kampanye Damai yang dilaksanakan oleh KPU.

“Ya..rombongan kami agak terkejut adanya kelompok massa di pinggir Jalan Raya mendekati kendaraan komvoi/Pawai meneriaki rombongan pasangan Calon No.1 dan meneriaki yel-yel kampanye lengkap dengan Spanduk calon. Yah..kita sih..ngak masalah mereka lakukan itu. Cuma heran aja…dirute kampanye damai KPU kok ada massa seperti itu. Apa boleh sesuai aturan. Karena kejadian itu bisa memicu keributan. Tapi soal salah tidaknya kita serahkan aja dengan Panwaslu,” jelas Zul kepada Kepripos.

Sementara Ketua Panwaslu di hubungi leway Whasshappnya saat diminta komentarnya soal kejadian ini, menjawab bahwa “Mereka tidak mengganggu arus lalu lintas. Itu bentuk dukungan yg diberikan ke paslon yg sedang melintas di acara kampanye damai,”tulis Ketua Panwaslu.**

Laporan: Boby/red.01.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *