PROVINSI NATUNA ANAMBAS SUATU KEBUTUHAN

Natuna, (Kepripos. co. id) –

Natuna, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau Indonesia merupakan kepulauan paling utara di selat Karimata. Di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, di selatan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Jambi, di bagian barat dengan Singapura, Malaysia, Riau dan di bagian timur dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat.

Natuna berada pada jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea dan Taiwan. Natuna dulunya hanya bagian dari kabupaten Kepulauan Riau yang bersetatus kecamatan, bersama kecamatan lainnya lebih dekenal dengan Pulau Tujuh yang masing masing pulau besarnya bersetatus kecamatan.

Berdasarkan UU No 53/1999 provinsi Riau telah memekarkan daerah otonomi baru termasuk kabupaten Natuna.

Kemampuan Natuna membangun boleh dikatakan berhasil, pemerataan pembangunan bidang pendidikan, inprastruktur jalan, jembatan dan lainnya terasa sampai dipelosok desa yang sumber dana pembangunannya 90 % dari DBH MIGAS.

Disisi lain pembangunan ekonomi masyarakat masih belum optimal, lambannya pembangunan ekonomi Natuna saat ini tidak terlepasnya semakin rendahnya taransfer DBH MIGAS, terang Yusripandi.

Yusripandi selaku ketua DPRD Natuna kepada kepripos, provinsi Natuna memang seharusnya dibentuk, rentang kendali merupakan alasan utama pembentukan ini, rentang kendali membuat pemberosan, kegiatan di provinsi kepulauan Riau yang harus dihadiri oleh dinas tehknis Natuna tidak sedikit dana yang tergelontorkan.

Dibidang pendidikan saja, begitu jauhnya kepala kepala sekolah setingkat SLTA untuk mengikuti rakor, bimtek, juga tidak efektifnya penanganan masalah krusial, penambahan gudung baru sekolah, sarana pendukung pendidikan dan lainnya guna tercapainya pendidikan berkualitas.

Natuna Anambas dikelilingi laut, idialnya pengelolaan laut Natuna juga berperan, disamping perannya pemerintah pusat.

Nelayan tidak menjadi kesulitan dalam kepengrusan izin kapal tangkap Neyan jika proses perizinan itu ada di Natuna ( jika sudah provinsi, Red), tentu sosial ekonomi masyarakat terus meningkat, lanjut Yusrifandi

Dari bergesernya kewenangan perintah kabupaten berpindah ke provinsi tentu akan manjadi kendala dalam percepatan pembanguanan untuk segala bidang, oleh karenanya ketua DPRD Kabupaten Natuna Yusripandi mendukung sepenuhnya keinginan masyarakat Natuna Anambas untuk membentuk provinsi sendiri.

Sudah sewajarnya kita ( Natuna Anambas, Red) dijadikan provinsi dengan pertimbangan rentang kendali sehingga dalam pengelolaan program pemerintah menjadi lebih mudah dalam rangka menuju masyarakat makmur dalam berkeadilan, tutup Yusrifandi.

Kebiasan di negeri ini, begitu anaknya dewasa orang tuanya berharap anak segera berumah tangga, begitu berumah tangga, bahkan bagi orang tua yang memilki penghasilan lebih akan memberikan anaknya modal untuk membangun rumah atau sebidang tanah. Tentu sang anak dan orang tua sama sama bahagia karna sudah mendiri, tentu pengalaman berumah tangga jauh lebih banyak orang tua ketimbang anaknya. Kenapa kita tidak berpikir seperti anak dengan orang tuanya dalam membentuk sebuah provinsi Natuna Anambas guna kepentingan bersama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah ( bakal Provinsi Natuna Anambas, Red). *** fadil

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *