Proyek Multi Years SPAM Anambas Rp.29 Milliar di Laporkan ke KPK (3)

Tanjungpinang, (Kepripos).-
Dampak dari kegagalan sebuah proyek, tidak memanfaat sesuai harapan dan ini bisa terjadi disebabkan atas kesalahan dalam Perencanaan, Pelaksanan dan Pengawasan. Lalu penyebab dari kebocoran dana APBD dalam sebuah proyek disebabkan ada unsur kesengajaan dalam Perencanaan Kegiatan dan Penyiapan Anggaran kegiatan yang tidak sesuai dengan Realisasi Pelaksanaan dalam pekerjaan, ditambah lagi lemahnya pengawasan dari Konsultan Pengawas dan Pengawas Teknis dari Satuan Kerja Dinas.

Melihat Proyek Multy Years Pembangunan Sarana dan Prasarana Air Minum (SPAM) IKK di Kecamatan Siantan yang mengunakan dana APBD 2014 dan APBD 2015 sebesar Rp. 29 Milliar dan Anggaran Kosultan Pengawas sebesar Rp. 870 Juta pada Dinas Pekerjaan Umum Kab.Anambas, di nilai banyak kalangan proyek “gagal” dan terjadi “mark up” anggaran yang menimbulkan kerugian milliaran rupiah. Kenapa dinilai gagal dan ada mark up anggaran?

Apa itu Proyek SPAM?
Sistem Penyediaan Air Minum yang selanjutnya disebut SPAM merupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisik dari prasarana dan sarana air minum.

Pengembangan SPAM adalah kegiatan yang bertujuan membangun, memperluas dan/atau meningkatkan sistemfisik (teknik) dan non fisik (kelembagaan, manajemen,keuangan, peran masyarakat, dan hukum) dalam kesatuan yang utuh untuk melaksanakan penyediaan air minum kepada masyarakat menuju keadaan yang lebih baik.

Penyelenggaraan pengembangan SPAM adalah kegiatan merencanakan, melaksanakan konstruksi, mengelola, memelihara, merehabilitasi, memantau, dan/atau mengevaluasi sistem fisik (teknik) dan non fisik penyediaan air minum.

Lantas apakah Proyek SPAM yang menggunakan 2 (dua) Tahun APBD Kab Anambas ( 2014-2015 ) sebelum sudah mengacu pada Pedoman Perencanaan dan Desain Teknis Sektor Air Bersih, disebutkan bahwa sumber air baku yang perlu diolah terlebih dahulu adalah:
Mata air, Yaitu sumber air yang berada di atas permukaan tanah. Debitnya sulit untuk diduga, kecuali jika dilakukan penelitian dalam jangka beberapa lama.

Danau atau Waduk dan Penampung Air (lake and reservoir), Yaitu unit penampung air dalam jumlah tertentu yang airnya berasal dari aliran
sungai maupun tampungan dari air hujan.

Artinya, merencanakan Proyek SPAM di Kab Anambas khusus utuk kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Air Minum (SPAM) IKK di Kecamatan Siantan yang mengunakan dana APBD 2014 dan APBD 2015, sebelum dijadikan sebagai kegiatan harus disesuaikan dengan Kondisi Sumber Air Baku, agar secara Fisik dan Anggaran serta Teknologi pengolahan disesuaikan dengan sumber air yang ada.

“Jangan anggaran begitu besar tidak sesuai kondisi dan realisasi fisik yang ada,” ungkap Kuncus S selaku Ketua LSM ICTI-Ngo Kepri kepada Kepripos.

Nah, untuk membuat suatu perencanaan Proyek SPAM dengan tujuan mengatasi krisis air untuk kebutuhan masyarakat yang tak terlepas dari kajian dari Definisi Air Bersih. Adapun persyaratan yang dimaksud adalah persyaratan dari segi kualitas air yang meliputi kualitas fisik, kimia, biologi dan radiologis, sehingga apabila dikonsumsi tidak menimbulkan efek samping (Ketentuan Umum Permenkes No. 416/Menkes/PER/IX/1990.

Artinya, harus ada kajian dan penelitian terlebih dahulu soal air yang mau digunakan dari sumber air yang tersedia dari semua sisi.** (Red)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *