RAPAT KOORDINASI PEMDA (RAKORPEM) KABUPATEN NIAS BARAT

NIAS BARAT, (kepripos.co.id)-

Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah (Rakorpem) Kabupaten Nias Barat pada hari kamis, (15/2) dibuka oleh Bupati Nias Barat Bapak FADUHUSI DAELY, S.Pd.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Saba’eli Gulo, S.IP, Inspektur Mareko Zebua, SH, Assisten III Yamonaha Waruwu, SH, Staf Ahli Faigizatulo Halawa, S.Pd.,MM dan Kepala BKD Siado Zai, SE.,MM, Ketua DPRD Ir. Nitema Gulo,M.Si, Tokoh Masyarakat Ama Rope Daeli, Pator Purwo, Ama Walfrid Daeli dan Ketua DPWK PMNBI Zemi Gulo, SH.

Kegiatan ini difasilitasi Bagian Tata Pemerintahan (TAPEM) sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat dibawah kendali Kepala Bagian TAPEM Ya’atulo Zalukhu, S.AP dan acara dipandu oleh Bagian Keprotokolan Menanti Daeli, S.IP yang didahului dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan lagu Mars Nias Barat.

Rapat Koordinasi kali ini di ikuti oleh seluruh Pimpinan OPD baik eselon II, III dan IV, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Nias Barat yang diperkirakan berjumlah lebih 200 orang memenuhi ruangan Hall Tokosa-Lahomi Nias Barat.
Dalam RAKORPEM kali ini dirangkai dengan pengukuhan Panitia Hari Jadi Kabupaten Nias Barat yang ke-9 oleh Bupati Nias Barat yang Ketua Panitianya langsung Sekretaris Daerah (SEKDA) SABA’ELI GULO, S.IP.

Dalam Sambutannya,  Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Ir. Nitema Gulo, M.Si yang menyinggung sekilas tentang pembangunan yang berkualitas misalnya pada pengadaan fasilitas/mobiler untuk Puskesmas Pembantu/Poskesdes dan jangan focus dulu pada pembangunan gedung.

Demikian juga di sector Pendidikan misalnya jangan lagi focus pada pembangunan ruang belajar melainkan pada pembangunan perpustakaan dan laboratorium. Kemudian, mengingat kondisi tanah di Nias Barat “labil” maka perencanaan yang tepat pada pembangunan infrastruktur jalan yaitu “rabat beton” dan bukan hockmix atau lapen, sehingga kualitasnya terlihat dan dapat dirasakan, ujar Nitema.

Arahan dan bimbingan Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd yang memaparkan pembangunan yang kontinyu dan berkesinambungan akan ada perubahan signifikan sepuluh tahun kedepan. Artinya yang kita kerjakan hari ini tidak lagi kita kerjakan besok, tetapi terus menerus hingga akhirnya tercapai secara menyeluruh, ujar Bupati.

Menurut Bupati, potensi kita di Nias Barat ini sangat luar biasa, namun berhubung banyak keterbatasan sehingga proses perubahan yang diharapkan tidak secepat yang kita bayangkan pula. Tetapi, bila ada niat dan kemauan untuk belajar dan berubah, maka tidak ada yang tidak bisa.

Kepada Bapak/Ibu Camat; anda adalah ujung tombak di wilayah Kecamatan dalam memberhasilkan setiap program pemerintah daerah. Lakukan pergerakan-pergerakan positif yang inovatif, kreatif dan objektif. Demikian juga kepada Kepala-Kepala Desa agar senantiasa membangun sinergitas antara elemen yang ada, sebab tanpa dukungan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama semua akan sia-sia, tandas Bupati.

Pada Rapat Koordinasi hari ini kita evalausi sejauhmana ketercapaian kinerja serta bagaimana implementasi selanjutnya. Ada begitu banyak program-program unggulan kita tahun ini seperti lanjutan pembangunan fisik seperti Infrastruktur jalan dan jembatan dan non fisik (kerohanian dan perubahan image), bidang pertanian, perkebunan selalu kita dorong agar perekonomian masyarakat meningkat dan memiliki daya beli dan daya saing, ujar Bupati.

Pada kesempatan ini pula Bupati menyampaikan bahwa Nias Barat telah mendapatkan anugerah penilaian Kecamatan Terbaik Peringkat 6 (enam) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 yaitu Kecamatan Sirombu, dimana sejak Nias Barat terbentuk, maka baru sekali ini Kecamatan di wilayah Kabupaten Nias Barat mendapat piala dan dana pembinaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Sejelek-jeleknya Kabupaten Nias Barat tetapi diantara 33 Kabupaten/Kota se-SUMUT maka nama Nias Barat “tercatat dan disebut”, dan ini berkat kerja keras kita semua dan tentu tidak lepas dari pertolongan Tuhan yang Maha Esa. Kepada kecamatan-kecamatan lain di wilayah Kabupaten Nias Barat, terus berusaha dan bekerja keras agar nama Nias Barat terus menebar keharuman di tingkat Provinsi dan bahkan di tingkat Nasional.

Plakat dan Dana Pembinaan kita berikan kepada Kecamatan Sirombu sedangkan Piala disimpan di Kantor Bupati Nias Barat sebagai kenangan indah yang harus dipertahankan dan bahkan di tingkatkan lagi, himbau Bupati.

Tahun ini adalah tahun politik; Dan jangan kita terjebak dalam situasi panasnya suhu politik. Dalam moment Pilkada Gubernur Sumut pada bulan Juni 2018 nanti, mari kita jaga independensi kita sebagai aparatur sipil Negara (ASN).

Kedua Calon yakni Bapak Edy Rahmayadi (nomor rurut “1”) dan (Pak Djarot nomor urut “2”) sama-sama putra terbaik bangsa ini. Mari kita doakan mereka melalui kehadiran kita di TPS dan memilih sesuai kata hati atas bimbingan Roh Kudus, tegas Bupati.***

Laporan: (Oktarius Ndraha)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *