Ribut soal Raibnya Ratusan Plat Besi Baja sisa Proyek Jembatan DOMPAK I

Tanjungpinang,(Kepripod.co.id)-

Beberapa hari ini masyarakat Provinsi Kepri khususnya Kota Tanjungpinang dihebohkan dengan berita soal Raibnya Plat Besi Baja sisa Proyek Jembatan Dompak I yang bernilai Milliran Rupiah. Benarkah ini hanya sekedar Plat Besi Baja yang raib atau ini merupakan bukti bahwa ada kesalahan dalam perencanaan teknis satuan barang sehingga bersisa Plat Besi baja bernilai tinggi tersebut?

Foto proyek saat dimulai posisi Plat Besi Baja dipasang seperti tampak dalam gambar.*

Nah, menurut Muslim Matondang bahwa pertanyaannya: 1.Kenapa sisa Plat Besi Baja tersebut berada dilokasi proyek, padahal proyeknya sudah lama selesai?

2. Kenapa bisa sisa begitu banyak dengan nilai hampir 5 Milliar, apakah ada kesalahan perencanaan atau barang tersebut tidak sesuai Spesifikasi Teknis sehingga tidak dipakai?

3. Plat Besi baja milliran rupiah itu milik Kontraktor atau Pemda Provinsi Kepri? Kalau milik kontraktor, tentu sudah diangkut dan kalau milik pemda kenapa di telantarkan?

4. Plat Baja itu merupakan sisa barang saat kontraktor pertama yakni PT WIKA atau yg lain?
Sebab, PT Wijaya Karya selaku kontraktor pemenang tender pembangunan Jembatan 1 Dompak tersebut dengan sistem kontrak pembangunan proyek multiyears. Kalau tak salah Tender proyek itu dengan nilai Rp 363,3 miliar hingga tahun 2015 itu sudah dikerjakan oleh PT Wijaya Karya sebagai pemenang tender.

Persoalannya sekarang yg muncul adalah sisa Plat Besi Baja sisa Proyek itu raib. Kok bisa raib? Siapa yang bertangungjawab soal menjaga barang tersebut, Dinas PU atau Satpol PP? Lalu siapa yg angkut, dibawa kemana, di jual ke siapa saja. Nah semua itu bisa di usut secara tuntas dengan mudah dan pelakukan ditindak secara hukum.

Artinya, persoalan ini harus dilaporkan kepada pihak kepolisian soal kehilangannya dan soal dugaan adanya kesalahan teknis dalam proyek tersebut yang menimbulkan kerugian negara milliaran rupiah dapat di usut secara terpisah, ungkap Muslim Matondang memberikan pendapatnya dalam persoalan ini kepada tim Kepripos.co.id dalam menanggapi berita soal hilangnya Plat Besi Baja bernilai Milliaran rupiah tersebut.
Sementara pihak-pihak yang terkait dalam persoalan ini tidak dapat dihubungi sampai berita ini ditayangkan.***(KP.02)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *