TANPA SERTIFIKAT UKM BISA PINJAM DI PERTAMINA

Natuna, (kepripos.co,id)-

Jangan ngajukan pinjaman kalau bukan untuk usaha, hal ini disampaikan oleh Wakil Buapti Natuna Ngesti Yuni Suprapti dihadapan ratusan pengusaha mikro dan menengah di rumah makan Sisi Basisir Natuna, 30/08/2018.

Turut hadir pada acara Sosialisasi Program Kemitraan oleh PT. Pertamina bagian Sumbagud, Asisten II Hadinansyah, Kadis Peranan Wanita dan Pemberadayaan Perempuan Kartina Riawita, Kabag Migas Paisal.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Buapati Ngesti berpesan kepada pengusaha UMKM agar pinjamannya nanti betul betul digunakan untuk usaha dan pelaporan keuangannya harus jelas serta ansuran pengembaliannya tepat waktu.

Ngesti juga meminta kepada pihak pertamina untuk melakukan pendampingan baik pembukuan keungan maupun pendapingan lainnya dengan harapan masyarakat Natuna bisa meningkat kesejahtraannya.

Sementara dari pihak pertamina diwakili oleh Manejer Marketing untuk wilyah Subagud Rudi, berharap kepada usahawan mikro Natuna bisa memampaatkan pinjaman CSR Pertamina dengan bunga 3 persen pertahun, namun kita harus patuh pada aturan.

Bantuan hanya diberikan kepada Usaha mikro yang sudah berjalan minimal enam bulan dan punya agunan. Adapun agunan yang diutamakan adalah sertifikat tanah dan alas hak, sementara jaminan lain seperti surat rumah tempat tinggal hanya diberikan pinjaman maksimal 15juta.

Rudi berharap kepada usaha mikro Natuna memempaatkan kesempatan ini, karna sudah banyak usaha mikro yang sukses dengan mempergunakan pinjaman pola kemitraan, diantaranya peternak sapi untuk penggemukan sapi di Sumatera diberikan pinjaman sebesar Rp 5 milyar. Dari pinjaman tersebut usaha mereka lebih berkembang, membayar cicilan tepat waktu dan bahkan sudah menjual sapinya untuk kebutuhan korban kemarin.

Kemudian dari presenter marketingnya menjelaskan, pinjaman UMKM maksimal Rp 500.000.000,00 dengan nilai jaminan lebih besar dari pinjamannya. Namun pihak pertamina akan memprepikasi usaha dan administrasinya untuk perhitungan kelayakan pinjaman.

Laporan : Fadil

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *